RSSA Malang Siapkan Strategi Antisipasi Lonjakan Covid-19

Malang, 18 Desember 2023 – Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, Jawa Timur, telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid -19. Hal ini dilakukan menyusul adanya peningkatan kasus Covid-19 di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

“Kami sudah menyiapkan tim, SDM, sarana prasarana khusus, Insya Allah kita sudah siap bila memang harus menghadapi lonjakan kasus, tetapi kita harapkan tidak seperti itu,” kata Direktur RSSA, Mochammad Bachtiar Budianto, saat konferensi pers di RSSA, Senin (18/12/2023).

Bachtiar menjelaskan, tim khusus yang disiapkan RSSA Kota Malang untuk mengantisipasi lonjakan covid terdiri dari para tenaga medis, paramedis, dan tenaga pendukung lainnya. Tim ini akan bertugas untuk menangani kasus Covid -19, mulai dari pemeriksaan, perawatan, hingga rehabilitasi.

Selain itu, RSSA juga telah menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menangani kasus Covid -19. Sarana dan prasarana tersebut meliputi:

Gedung Instalasi Pelayanan Infeksi Terpadu (IPIT) yang dilengkapi dengan fasilitas penanganan Covid-19, seperti ruangan bertekanan negatif, oksigen sentral, dan sejumlah fasilitas lainnya.

38 ruangan yang bisa dipergunakan untuk merawat pasien konfirmasi Covid-19.

Bachtiar juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi penyebaran Covid-19. Masyarakat diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti:

  1. Memakai masker
  2. Menjaga jarak
  3. Mencuci tangan
  4. Menghindari kerumunan

“Masyarakat diharapkan menggunakan kembali protokol kesehatan. Berkenaan dalam waktu dekat ini ada libur panjang, yang berpotensi terjadinya perpindahan manusia yang meningkat, sehingga risiko semakin besar. Harapan kami, masyarakat memahami dan menggunakan protokol kesehatan di ruang umum. Berharap mudah-mudahan tidak ada kasus yang terkonfirmasi,” paparnya.

Baca Juga  Laporan Harta Kekayaan Janggal, Hari Ini KPK Panggil Kadinkes Lampung Reihana

Bachtiar menambahkan, RSSA akan terus memantau perkembangan kasus Covid-19 di wilayah Malang Raya. Jika terjadi lonjakan kasus, RSSA akan segera mengambil langkah-langkah antisipasi yang diperlukan.

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)