Rendra Masdrajad Safaat

Salah Kaprah Soal Asuransi Mobil, Pahami Sebelum Menyesal!

Ilustrasi Asuransi Mobil - Salah Kaprah Soal Asuransi Mobil
Ilustrasi Asuransi Mobil - Salah Kaprah Soal Asuransi Mobil

Malang – Masih banyak orang mempertimbangkan untuk memiliki asuransi mobil. Beberapa menganggapnya sangat penting, sementara yang lain merasa tidak perlu memproteksi kendaraannya dengan asuransi mobil. Persepsi yang salah atau ketidaktahuan sering kali menjadi alasan mengapa asuransi mobil dianggap tidak penting. Padahal, memiliki asuransi mobil adalah langkah bijak untuk melindungi investasi berharga dan memberikan ketenangan pikiran.

1. Menilai Besaran Premi Tidak Sebanding dengan Manfaat yang Diberikan

Salah satu salah kaprah yang umum adalah anggapan bahwa premi asuransi mobil terlalu mahal dan tidak sebanding dengan manfaat yang diberikan. Faktanya, premi asuransi dihitung berdasarkan berbagai faktor seperti jenis kendaraan, usia pengemudi, dan riwayat klaim. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merilis peraturan mengenai besaran premi yang harus ditaati oleh setiap perusahaan asuransi. Hal ini memastikan bahwa setiap nasabah dapat memperoleh proteksi kendaraan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialnya.

Internship Warta Jatim

Terdapat dua jenis asuransi mobil yang umum dipilih masyarakat Indonesia:

Asuransi All Risk (Komprehensif): Menawarkan cakupan manfaat yang luas, termasuk kerusakan akibat kecelakaan, pencurian, bencana alam, dan tindakan kriminal. Premi untuk asuransi ini lebih mahal karena cakupannya yang lebih lengkap.
Asuransi Total Loss Only (TLO): Menanggung kerugian total, seperti kehilangan kendaraan atau kerusakan yang biayanya mencapai 75% dari nilai kendaraan. Premi untuk asuransi TLO lebih terjangkau dibandingkan dengan asuransi All Risk.

2. Merasa Proses Klaim Asuransi Terlalu Sulit

Banyak orang beranggapan bahwa proses klaim asuransi mobil sangat rumit dan memakan waktu. Padahal, klaim asuransi bisa menjadi proses yang mudah jika semua dokumen dan persyaratan telah dipenuhi. Dokumen yang biasanya diperlukan untuk klaim asuransi mobil meliputi:

  • Fotokopi identitas pemegang asuransi
  • Surat izin mengemudi (SIM)
  • Identitas kendaraan berupa BPKB dan STNK
  • Foto kendaraan saat terjadi kerusakan
  • Formulir pendaftaran untuk mengajukan klaim asuransi
Baca Juga  Ilmu Ekonomi Perilaku: Memahami Keputusan Konsumen

Dengan menyiapkan dokumen-dokumen tersebut, proses pengajuan klaim asuransi akan berjalan lebih cepat dan lancar. Saat ini sudah cukup banyak penyedia asuransi online yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, menawarkan platform yang memudahkan nasabah dalam mengajukan klaim secara online.

3. Merasa Prosedur Pendaftaran Rumit

Prosedur pendaftaran asuransi mobil sering kali dianggap rumit karena memerlukan beberapa dokumen. Namun, setelah semua persyaratan dipenuhi, prosesnya sebenarnya cukup sederhana. Beberapa dokumen yang biasanya diperlukan antara lain:

  • Fotokopi identitas pemilik kendaraan
  • Surat izin mengemudi (SIM)
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

Mengapa Asuransi Mobil Penting?

Risiko di jalan raya bisa datang kapan saja, mulai dari kecelakaan kecil hingga besar, pencurian, hingga kerusakan akibat bencana alam. Dengan memiliki asuransi mobil, Anda bisa mendapatkan perlindungan finansial terhadap berbagai risiko tersebut. Selain itu, asuransi mobil juga melindungi pengendara dan penumpang yang berada di dalam kendaraan.

Asuransi mobil tidak hanya melindungi kendaraan Anda, tetapi juga memberikan ketenangan pikiran. Dengan proteksi yang tepat, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya perbaikan atau penggantian kendaraan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jadi, sebelum menilai asuransi mobil hanya sebagai beban finansial, pertimbangkan manfaat jangka panjang yang bisa Anda peroleh.

Saat ini banyak penyedia asuransi online yang terdaftar di OJK siap membantu Anda memahami dan mendapatkan proteksi yang tepat untuk kendaraan Anda. Jangan biarkan salah kaprah menghalangi Anda untuk mendapatkan perlindungan yang Anda butuhkan. Pahami asuransi mobil sebelum menyesal!

Media Partner Warta Jatim