Semarak Festival Mbois 8 Sekaligus Grand Launching MCC

Setelah menunggu sejak desember, akhirnya Gedung MCC resmi launching pada hari Sabtu, 22 Sesember 2023. Acara peresmian ini sekaligus menjadi main event di Festival Mbois 8 tahun ini. Festival tersebut di adakan sejak tanggal 21 hingga 24 September 2023. 

Acara peresmian Gedung MCC di laksanakan dengan sangat meriah karena di gabungkan dengan hajatan besar di Kota Malang. Tak hanya itu, Gedung MCC ini langsung di resmikan oleh Gubernur  Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

Acara Festival Mbois sendiri ialah acara tahunan yang sudah di laksanakan sejak 2017. Acara pertama ini di lakukan di MX Mall & Dilo dan berlanjut hingga sekarang ini. Festival Mbois sendiri menjadi wadah untuk masyarakat Malang yang makmur dengan kreatifitas dan inovasi. 

Visi dan Misi MCC

MCC sendiri memiliki visi yaitu, menjadikan MCC sebagai Creative Hub, Research & Development Centre serta rumah bersama bagi pelaku ekonomi kreatif dalam rangka menumbuhkan budaya kreatif menuju kreativitas dalam berserikat, bermartabat & bermufakat. 

Tidak hanya itu, MCC juga memiliki misi yaitu, satu, mewujudkan misi kedua walikota dan wakil walikota Malang sebagaimana tercantum pada RPJMD Kota Malang tahun 2018-2023. 

Kedua, mendorong percepatan penyusunan database pelaku ekonomi kreatif. Ketiga, mendorong penyerapan tenaga kerja di subsektor ekonomi kreatif. Keempat, peningkatan sumber daya manusia yang kreatif. 

Manfaat bagi masyarakat

“informasi saat ini yang memakai sebelum di launching manfaatnya lebih dari 121.000, kegiatannya lebih dari 250 kegiatan, itu artinya nilai manfaatnya semakin bisa di asah dan mudah-mudahan ini akan menjadi kekuatan untuk 17 subsektor ekonomi kreatif” ujar Drs. H. Sutiaji selaku Wali Kota Malang

Baca Juga  Review Restoran Hoka Hoka Bento di Malang

Pada kesempatan Launching Gedung MCC ini, Khofifah Indar Parawansa sangat mengapresiasi di bangunnya Gedung MCC serta fungsinya. Ia juga menyebutkan bahwa kontribusi Kota Malang dalam ekonomi kreatif bisa mencapai 10 persen dari total Rp 1,28 triliun secara nasional. 

Dengan adanya Gedung MCC ini dapat menjadi peluang bagi warga Kota Malang.  Karena sudah terbentuk ekosistem ekonomi kreatif untuk semakin mengembangkan skill untuk menghadapi tren global saat ini, tambah Khofifah. Ia juga menegaskan bahwa “ini peluang yang luar biasa bagi seluruh warga Malang Raya, terutama Kota Malang yang sudah punya MCC”

Ica sebagai Manager Pemasaran dan Kerjasama merasa ”nggak nyangka karena dari MCC kita soft launching di bulan Desember sampai hari ini ternyata pelaku ekraf di Kota Malang cukup banyak,” terbukti dari ungkapan Drs. H. Sutiaji diatas. 

Baca juga: Disability Fashion Festival

harapan kedepannya “di manfaatkan semakin di aktivasi apa yang sudah di berikan kontribusi yang sudah di berikan kembali lagi ke Walikota Kota Malang, sebenernya gak hanya warga kota Malang ya seluruh Indonesia karena harapannya kan menjadi kota kreatif dunia gitu” ujar Ica. 

Keren sekali bukan, hal tersebut membuktikan bahwa visi dan misi dari MCC sendiri terlaksana serta bermanfaat sekali bagi masyarakat Kota Malang

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)