Astaghfirullah! Seorang Bayi Ditemukan di TPQ Sumbermanjing Wetan Malang

Bayi TPQ Sumbermanjing Wetan Malang

Malang, 11 Desember 2023 – Warga Desa Klepu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang digegerkan oleh penemuan seorang bayi laki-laki di Tempat Pendidikan Qur’an (TPQ) Al Latifi pada Sabtu (9/12/2023) siang. 

Bayi tersebut ditemukan oleh seorang warga bernama Siti Khoiriyah (41) saat sedang memasak di dapur rumahnya. Awalnya, ia mengira suara tangisan bayi tersebut berasal dari anak tetangganya. 

Beberapa saat kemudian, suami Khoiriyah yang baru pulang kerja juga mendengar suara yang sama. Setelah ditelusuri, suara bayi itu berasal dari TPQ Al Latifi, tidak jauh dari rumah mereka.

Ketika diperiksa, bayi tersebut ditemukan dalam kondisi sehat dengan berat badan 2,4 kilogram dan panjang 46 sentimeter. Ia juga ditemukan terbungkus selimut beserta barang-barang berisi pakaian dan perlengkapan bayi. 

Sementara tak jauh dari lokasi, ditemukan plakat bertuliskan nama bayi tersebut, yaitu Muhammad Khoirin Naufal, dengan keterangan lahir pada 26 November 2023.

Warga setempat segera melaporkan penemuan bayi tersebut ke Polsek Sumbermanjing Wetan. Berdasarkan keterangan saksi, sebelumnya beberapa warga melihat mobil jenis Toyota Avanza warna Abu-abu (Nopol tidak diketahui) berhenti di depan TPQ Al Latifi. 

Meski awalnya tidak mencurigakan, setelah mobil tersebut pergi, terdengar suara tangisan bayi yang membuat geger warga.

“Ada saksi yang melihat sebuah mobil berhenti di lokasi, tak lama kemudian setelah mobil tersebut pergi, diketemukan bayi di dalam TPQ tersebut,” kata Kasi Humas Polres Malang, Ipda Muhammad Adnan, Minggu (10/12/2023).

Polisi masih melakukan penyelidikan dan menelusuri rekaman kamera CCTV di sekitar lokasi. Jika pelaku pembuangan bayi tersebut berhasil ditangkap, akan dikenakan Pasal 305 Kitab Undang Hukum Pidana (KUHP). 

Baca Juga  Tragis! Pengemudi Odong-Odong Tertabrak Kereta Api dan Tewas di Tempat

Pasal tersebut mengatur mengenai ancaman pidana bagi orang yang meninggalkan anak di bawah tujuh tahun. Masyarakat diimbau untuk memberikan informasi apapun yang dapat membantu proses penyelidikan ini agar pelaku dapat segera ditangkap dan bertanggung jawab atas perbuatannya.

Bayi tersebut kemudian dibawa ke Puskesmas Sumbermanjing Wetan untuk mendapatkan perawatan. Saat ini, kondisi bayi tersebut dalam keadaan sehat dan aktif.

Peristiwa ini menjadi sorotan publik. Banyak pihak yang menyayangkan tindakan pembuangan bayi tersebut. Mereka berharap pelaku dapat segera ditangkap dan dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku.

Untuk Membaca berita seputar Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)