Sambut Bulan Fintech Nasional, SkorLife dan AFTECH Luncurkan E-Book Pertama di Indonesia Soal Panduan Membangun Reputasi Kredit

skorlife

JAKARTA, INDONESIA, RABU (22 NOVEMBER 2023) Menyambut bulan Fintech Nasional pada November 2023, SkorLife, platform pertama untuk manajemen reputasi kredit di Indonesia yang didukung oleh deretan investor terkemuka di Asia Tenggara, seperti AC Ventures, menggandeng Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) merilis tiga buku digital (E-book) berisi panduan membangun skor kredit yang baik. E-book ini bertujuan untuk membantu masyarakat memahami bagaimana mereka dapat membangun dan meningkatkan skor kredit mereka dengan aman. Panduan ini juga telah dipublikasikan dan dapat diakses masyarakat luas melalui situs resmi Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK).

SkorLife dan AFTECH berkolaborasi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai apa itu pinjaman yang bertanggung jawab, dan kredit yang baik, serta bagaimana mematuhi keduanya untuk mendapatkan skor kredit yang baik, dan masa depan yang lebih cerah.

Hingga saat ini, informasi yang komprehensif mengenai cara membangun skor kredit di Indonesia belum banyak tersedia, dan cenderung tidak mudah diakses. Hal ini membuat sebagian masyarakat Indonesia merasa bingung tentang bagaimana menjaga reputasi kredit di hadapan pemberi pinjaman, dan meningkatkan peluang persetujuan pengajuan pinjaman mereka. Hal ini dijawab oleh SkorLife dan AFTECH dengan merilis tiga volume E-book berisi panduan lengkap mengenai cara bagaimana membangun skor kredit yang baik.

E-Book ini hadir seiring dengan maraknya pinjaman online, yang memberikan alternatif pemberian pinjaman lewat inovasi teknologi di sektor keuangan. Munculnya platform P2P menciptakan basis pemberi pinjaman yang lebih terdiversifikasi serta menawarkan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas kepada peminjam. Namun diversifikasi ini juga membawa tantangan, khususnya dalam hal manajemen risiko.

Ketika gagal bayar pinjaman melonjak, masyarakat Indonesia mulai melihat dampaknya terhadap skor kredit mereka. Meningkatnya jumlah pinjaman yang gagal bayar setelah pandemi COVID-19 berdampak buruk pada kelayakan kredit individu, sehingga membahayakan prospek mereka untuk mendapatkan persetujuan pengajuan pinjaman di masa depan. Seiring dengan berlanjutnya perlambatan ekonomi, tantangan yang terkait dengan perolehan kredit menjadi semakin besar, sehingga menciptakan hambatan besar bagi banyak masyarakat Indonesia yang mencari bantuan keuangan.

Baca Juga  Dukungan Hotman Paris Bawa Harapan, Sopir Bus Masuk Jurang di Guci Bebas

Terdiri dari tiga volume, masing-masing volume dari E-book ini akan membekali masyarakat Indonesia dengan pemahaman yang mendalam tentang pinjaman yang bertanggung jawab dan pengelolaan kredit.

Volume pertama memperkenalkan konsep kredit yang bertanggung jawab, memberikan wawasan penting bagi masyarakat Indonesia tentang cara meminjam dengan bijaksana. Volume kedua mengungkap hal -hal seputar skor kredit disertai dengan langkah-langkah untuk lebih memahami skor kredit. Sementara, volume ketiga memberikan pandangan komprehensif tentang pengelolaan skor kredit berdasarkan usia dan situasi seseorang, membimbing individu untuk meningkatkan skor kredit untuk bisa mengakses produk keuangan pilihan mereka.

Sekarang, masyarakat Indonesia memiliki sumber yang dapat dipercaya untuk membantu mereka memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi syarat mendapatkan peluang akses ke produk keuangan, seperti KPR, pinjaman pendidikan tinggi, dan lainnya. Hal ini juga seiring dengan fenomena meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengetahui mengenai bagaimana cara mengatur finansial mereka.

Ongki Kuniawan, Co-Founder dan CEO SkorLife menjelaskan, “Saat ini, semakin mudah bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pinjaman, baik melalui platform P2P, layanan paylater, atau jalur lainnya, dan kami melihat, banyak konsumen yang terlilit oleh hutang dan mulai gagal membayar. Hal ini dapat merugikan skor kredit mereka, dan peluang mereka untuk mengakses produk pinjaman seperti KPR, kartu kredit, atau pinjaman pendidikan di masa depan. Melalui rangkaian E-book ini, kami ingin mendorong pinjaman yang bertanggung jawab, dan menekankan manfaat dari menjaga kedisiplinan dalam membangun reputasi kredit.”

Ongki menambahkan, “Skor kredit resmi akan segera menjadi elemen penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia – bahkan sebenarnya hal ini sudah terjadi. Sebagai contoh, sejumlah perusahaan di Indonesia, terutama di bidang keuangan, telah menerapkan pemeriksaan kredit sebagai bagian dari proses rekrutmen mereka. Hal ini lantaran terdapat penelitian yang menunjukkan adanya korelasi antara skor kredit yang buruk dengan tindak kecurangan atau fraud.”

Baca Juga  Pemerintah Bertanggung Jawab, BPJS Kesehatan Menanggung Biaya Pasien Covid-19

Pandu Sjahrir, Chairman AFTECH dan Founding Partner AC Ventures menegaskan hal ini dan menekankan pentingnya inisiatif ini. “sangat penting bagi masyarakat Indonesia memiliki informasi yang akurat dan dapat dijalankan. Kerja sama kami dengan SkorLife adalah bukti komitmen AFTECH untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dengan alat dan wawasan keuangan yang tepat.”

Horas VM Tarihoran, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK menambahkan, “Kami mendukung peluncuran e-book  karena sejalan dengan komitmen OJK dalam mengedukasi masyarakat agar bijak memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan, termasuk melakukan pinjaman yang bertanggung jawab. E-book ini menjadi sumber informasi yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pemanfaatan pinjaman agar dapat mencapai tujuan keuangan. Kami percaya hal ini juga dapat mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia.”

Untuk mengakses tiga volume E-book tersebut, silakan mengunjungi:

  • Volume 1: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/NewDetailMateri/565
  • Volume 2: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/NewDetailMateri/564
  • Volume 3: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/NewDetailMateri/563

Tentang SkorLife

SkorLife adalah platform manajemen reputasi kredit pertama di Indonesia, yang menyediakan pengguna dengan saran dan tips untuk membangun skor kredit mereka sehingga mereka dapat mengakses kredit yang lebih baik. SkorLife bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dan inklusi di Indonesia dengan mendorong konsumen untuk mengambil peran yang lebih aktif dalam membangun dan menjaga kredit mereka. SkorLife telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna dan telah dinominasikan untuk Penghargaan Pilihan Pengguna Google Play Store 2023.

Tentang AFTECH

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) menjadi pemimpin dalam evolusi keuangan digital di negara ini. Sebagai pusat utama, AFTECH mendorong kerjasama di antara pemangku kepentingan fintech, advokasi untuk regulasi yang mendukung pertumbuhan dengan perlindungan konsumen, menjembatani dialog antara anggota dan regulator, serta memberikan pendidikan mengenai manfaat dan tantangan fintech.

Baca Juga  Sedang Ramai di Sosmed, Ini Cara Cek BI Checking untuk Lamar Kerja

Tentang AC Ventures

AC Ventures merupakan perusahaan modal ventura terkemuka di kawasan Asia Tenggara yang berinvestasi di perusahaan rintisan (startup) tahap awal yang berfokus pada pasar Indonesia dan Asia Tenggara. Memiliki misi untuk bermitra dan mendukung pengusaha melalui berbagai aspek, AC Ventures memberikan bantuan modal, pengalaman operasional, pengetahuan industri, jaringan lokal yang mendalam, serta sumber daya yang dapat membantu pengusaha dan bisnis untuk menciptakan nilai. Visi AC Ventures adalah menjadi generational partner bagi para pendiri yang mendorong perubahan positif bagi Indonesia dan sekitarnya melalui usaha yang didukung teknologi.

AC Ventures mengelola lebih dari US$500 juta Asset Under Management (AUM) yang diinvestasikan di lima dana. Sejak 2012, Mitra AC Ventures telah berinvestasi di lebih dari 100 perusahaan teknologi di Indonesia dan Asia Tenggara, termasuk pada nama-nama paling ikonik di ekosistem digital Asia Tenggara. Mitra Pendiri AC Ventures, yakni Adrian Li, Michael Soerijadji, Helen Wong, dan Pandu Sjahrir memimpin tim yang terdiri lebih dari 35 profesional yang berkantor pusat di Jakarta dan Singapura.

Untuk Membaca berita seputar Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)