SMK Telkom Malang : Menyoroti Peran Penting Alumni dalam Jaringan dan Kontribusi SMK dalam Membentuk Ketangguhan Karakter dan Pendidikan Mental

Bapak Rendra MS, sebagai alumni Wikasuma (angkatan ke-6). (Image Source: Wartajatim/istimewa)
Bapak Rendra MS, sebagai alumni Wikasuma (angkatan ke-6). (Image Source: Wartajatim/istimewa)

WARTAJATIM.co.id, Malang, 31 Mei 2023 – SMK Telkom Malang dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan Wisuda ke-29.

Acara ini merupakan perayaan atas prestasi siswa dan siswi yang telah menyelesaikan pendidikan mereka dengan sukses, mencerminkan tonggak penting dalam perjalanan hidup mereka.

Selaras dengan acara wisuda, SMK Telkom Malang juga mengadakan upacara pengukuhan bagi alumni angkatan ke-29 dalam “Ikatan Alumni Wikasuma” (Widyaloka Kusuma Samekta Makarya).

Widyaloka Kusuma Samekta Makarya (Wikasuma) menjadi semangat yang mempersatukan seluruh keluarga besar SMK Telkom Malang.

Ini menjadi wadah bagi individu muda yang kreatif dan siap berkarir untuk berkumpul dan berkembang.

Ikatan alumni ini telah memainkan peran krusial dalam pengembangan dan inovasi SMK Telkom, sebagai jembatan untuk menerima umpan balik langsung dari para alumni dan perusahaan mitra. 

Kolaborasi antara sekolah dan alumni-nya telah menciptakan sinergi yang kuat, memungkinkan para alumni memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan generasi penerus mereka di SMK Telkom Malang.

Salah satu kisah sukses yang mencolok di antara alumni Wikasuma adalah Bapak Rendra MS, seorang pengusaha ternama.

Lahir di Bondowoso, Bapak Rendra MS memulai karirnya di Malang pada tahun 2000 sebagai penjaga warnet. 

Pada tahun 2015, ia merintis bisnis di bidang properti syariah dan mendirikan kerajaan bisnisnya dengan pengembangan properti pertamanya, De Prima Tunggulwulung.

Saat ini, bisnisnya telah berkembang pesat dan menjadi salah satu pemain utama di industri properti syariah di Malang.

“Saya, Rendra MS, seorang anak guru SD yang memiliki mimpi untuk menjadi seorang karyawan dengan penghasilan yang besar. Pada tahun 1997, saya memasuki STM Telkom dengan harapan dapat mewujudkan impian tersebut. Meskipun saya tidak melanjutkan kuliah setelah lulus pada tahun 2000, saya tetap fokus bekerja dan tidak menyerah. Meskipun saya mengalami kegagalan dalam upaya menjadi karyawan di Telkomsel, saya tidak berkecil hati.”

Baca Juga  Traveloka PayLater: Kemudahan Berlibur tanpa Beban Keuangan

“Saya berterima kasih kepada SMK Telkom Malang karena telah memberikan pendidikan yang holistik, tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga membentuk ketangguhan karakter dan pendidikan mental yang akan menjadi bekal penting dalam menghadapi tantangan di masa depan. Sekolah ini benar-benar mendorong kami untuk menjadi individu yang kreatif, inovatif, dan siap bersaing di dunia kerja”

Rendra MS ketika berpidato membagikan kisah suksesnya serta motivasi di SMK Telkom Malang. (Image Source: Wartajatim)
Rendra MS ketika berpidato membagikan kisah suksesnya serta motivasi di SMK Telkom Malang. (Image Source: Wartajatim)

Bapak Rendra MS, sebagai alumni Wikasuma (angkatan ke-6), secara aktif berpartisipasi dalam setiap acara wisuda, membagikan kisah suksesnya serta memberikan motivasi dan testimoni untuk menginspirasi para lulusan baru SMK Telkom Malang.

Bapak Fuad Choliq, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan juga Guru Matematika, menyampaikan pendapatnya, “Kami menyadari bahwa banyak alumni Wikasuma yang telah sukses di luar sana, bukan hanya dalam bidang properti, pemerintahan, IT, dan teknologi.”

“Oleh karena itu, kami mengundang para alumni SMK Telkom untuk membantu proses integrasi adik-adik lulusan baru ke dunia kerja.”

Hingga saat ini, Ikatan Alumni Wikasuma telah berhasil membangun jaringan yang kuat di seluruh Indonesia.

Bahkan, dalam beberapa kasus, mereka telah memberikan bantuan yang signifikan, baik secara materi maupun akses, kepada lulusan SMK Telkom yang sedang mencari pekerjaan.

Acara wisuda ke-29 SMK Telkom Malang ini menjadi bukti nyata komitmen sekolah dalam membentuk tenaga profesional yang terampil dan membentuk karakter yang tangguh. 

Dengan memanfaatkan kekuatan jaringan alumni dan kerja sama dengan industri, SMK Telkom Malang terus mempersiapkan siswanya untuk menghadapi tuntutan sektor IT dan memberikan dasar yang kokoh untuk masa depan yang sukses.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)