Stok Sembako di Kota Malang Hadapi Natal dan Tahun Baru

Dalam menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, stok sembako di Kota Malang terus dijaga agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Data terbaru dari Diskoperindag Kota Malang, Pasar Besar Malang (PBM), dan Pasar Kepanjen menunjukkan bahwa stok bahan pokok (sembako) masih dalam kondisi aman dan terkendali.

Menurut Kepala Diskoperindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi, harga-harga sembako seperti beras premium, beras medium, gula, minyak goreng, telur ayam, ayam broiler, daging sapi, dan telur ayam kampung, hingga saat ini masih stabil menjelang libur Natal. Dalam pernyataannya, Eko mengatakan, “Pantauan harga sembako menjelang akhir tahun ini sepertinya masih stabil, normal-normal saja. Menjelang Natal 2023 ini harga beras juga masih normal.”

Diskoperindag Kota Malang terus melakukan pemantauan harga dan stok sembako di berbagai pasar, termasuk Pasar Besar Malang dan Pasar Kepanjen. Eko Sri Yuliadi menjelaskan bahwa stok beras di Kota Malang masih aman, dan pihaknya juga telah bekerja sama dengan Bulog untuk menjaga stabilitas harga sembako.

“Antisipasinya pasti kita terus lakukan operasi pasar murah di Desember ini. Kita akan kerjasama dengan Bulog. Pasar murah yang disiapkan mungkin cuma beras, minyak, dan gula. Tanggalnya kapan akan diinformasikan lebih lanjut,” tambahnya.

Dari pantauan di Pasar Besar Malang (PBM) dan Pasar Kepanjen, tampaknya ketersediaan stok bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, dan daging masih melimpah. Pedagang di Pasar Kepanjen menyatakan bahwa stok bahan pokok sangat banyak dan melimpah, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait stok sembako.

Sementara itu, pedagang daging sapi di PBM, Erfan, mengkonfirmasi bahwa harga daging sapi masih relatif stabil menjelang Natal, dan tidak terjadi kenaikan yang signifikan. “Harga daging sapi sering naik ketika Idul Fitri,” ujar Erfan.

Baca Juga  Turut Majukan Iklim Investasi dan Perekonomian, Primaland Terima Penghargaan dari Walikota Malang

Sebagai langkah antisipasi, Diskoperindag Kota Malang akan terus melakukan operasi pasar murah di bulan Desember, menjaga stok dan harga sembako agar tetap terkendali. Dengan demikian, masyarakat di Kota Malang diharapkan dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan tenang tanpa khawatir terkait ketersediaan dan harga bahan pokok.

Dalam mengakhiri pernyataannya, Eko Sri Yuliadi menegaskan, “Stok beras Nataru masih aman, ketersediaan bisa cukup sampai waktu yang panjang. Di awal tahun 2024 juga masih aman.”

Dengan kondisi stok yang aman dan kebijakan operasi pasar yang terus dilakukan, Kota Malang bersiap menyambut Natal dan Tahun Baru dengan keyakinan bahwa masyarakat dapat merayakan momen spesial ini tanpa beban terkait ketersediaan bahan pokok.

Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Timur, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)