Subsidi Mobil Listrik: Tidak Ada Inden untuk Membeli Wuling Air ev

subsidi mobil listrik
Beli Wuling Air ev tak perlu inden lagi. Foto: Dok. Wuling Motors

WartaJatim.co.id, 17 Mei 2023 – Setelah pemerintah memberlakukan subsidi untuk mobil listrik, permintaan terhadap Wuling Air ev melonjak 80 persen pada April 2023 dibandingkan bulan sebelumnya. Meskipun demikian, produsen memastikan bahwa konsumen tidak perlu melakukan inden untuk membeli kendaraan tersebut.

Ricky Christian, Marketing Strategy and Promotion Manager Wuling Motors, sebelumnya menyampaikan kepastian peningkatan penjualan Wuling Air ev setelah mendapatkan subsidi dari pemerintah. Menurutnya, peningkatannya benar-benar drastis.



“Kita sangat berterima kasih setelah ada insentif ini, penjualan Wuling Air ev pada bulan April mengalami peningkatan sekitar 70-80 persen dibandingkan bulan Maret. Lonjakan langsung terjadi,” ujar Ricky Christian saat ditemui di Jakarta Pusat, belum lama ini.

Ricky menegaskan bahwa konsumen tidak perlu khawatir dengan tingginya permintaan Wuling Air ev selama bulan lalu. Ia memastikan bahwa untuk memesan kendaraan tersebut tidak perlu melakukan inden.

Ia mengklaim bahwa saat ini kapasitas produksi Wuling Air ev di Cikarang, Jawa Barat masih mencukupi untuk memenuhi permintaan tinggi konsumen. Namun, ia tidak merinci jumlahnya per bulan.

“Tidak ada inden, karena basis produksinya sudah ada di sini. Kami juga telah menyediakan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan ini,” ungkapnya.

Pembeli Wuling Air ev tidak dibatasi

Ricky menegaskan bahwa program subsidi untuk Wuling Air ev telah berjalan sejak awal April setelah diresmikan oleh pemerintah. Ia memastikan bahwa seluruh pembeli kendaraan tersebut secara otomatis akan diarahkan ke program subsidi.

Menariknya, menurut Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang diterima pihaknya, pembeli mobil listrik subsidi tidak dibatasi. Padahal, sebelumnya mobil listrik subsidi dibatasi hanya sekitar 35 ribu unit.

Baca Juga  Wall Street dan IHSG Saling Menguat, Berita Saham Hari Ini!

“Regulasi terakhir yang kami terima tidak ada kuota pembelian, ini berdasarkan sosialisasi PMK yang berlaku,” terangnya.

Selain itu, masih mengacu pada PMK, Ricky juga memastikan bahwa tidak ada syarat khusus untuk pembelian Wuling Air ev subsidi. Bahkan, menurutnya, skema pembelian juga masih sama seperti bulan-bulan sebelumnya, atau sebelum adanya subsidi.

“Secara realistis, dari sudut pandang konsumen, hal ini berlaku secara otomatis, karena prosesnya dilakukan oleh pihak Wuling sendiri untuk pelaporan dan sebagainya. Jadi, jika konsumen membeli, prosesnya sama seperti biasa,” ujarnya.

Diketahui, Wuling Air ev merupakan salah satu dari dua model mobil listrik yang mendapatkan subsidi dari pemerintah. Bantuan tersebut berupa potongan pajak, yang sebelumnya sebesar 11 persen, menjadi hanya 1 persen.



*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)