Taukah Kamu, Mengapa Induk Kucing Memakan Anaknya?!

Kucing ialah salah satu hewan mamalia herbivora. Kucing juga termasuk hewan yang lucu nan menggemaskan sehingga banyak yang memeliharanya. Namun, ada satu hal yang dapat membuatmu kaget akan kebiasaan induk kucing memakan anaknya.

Lalu mengapa induk kuicng memakan anaknya? Tentunya, induk kucing tidak memakan anaknya tanpa sebuah alasan.

Berikut alasan mengapa induk kucing memakan anaknya:

  1. Anak Kucing Tidak Sehat

Kucing memiliki insting yang kuat. Tak hanya itu, kucing juga memiliki indra penciuman yang tajam. Kalian harus tahu bahwa kucing memiliki lebih dari 200 juta sensor odor pada hidungnya. Oleh karena itu, penciuman kucing sangatlah sensitif. Mereka dapat mendeteksi hal – hal yang manusia tidak ketahui. Seperti aroma anaknya yang tidak sehat. Saat anak kucing lahir, sang induk pasti sudah dapat mengetahui apakah anaknya sakit atau tidak. Apabila anak kucing tersebut sakit dan tidak memiliki kemungkinan hidup, sang induk pasti langsung memakannya.

Hal ini dilakukan oleh induk kucing demi kesehatan anak kucing lainnya. Karena apabila ada anak kucing yang sakit hingga mati akan memberikan dampak bahaya pada kucing lain. Dampak bahayanya ialah menyebarkan bakteri penyakit pada anak kucing lainnya.

  1. Terlahir Mati

Anak kucing yang terlahir mati biasanya disebabkan oleh kurangnya gizi dan nutrisi yang dimakan oleh induk kucing. Kucing yang mati dapat menyebarkan bakteri penyakit pada anak kucing lainnya. Oleh karena itu, induk kucing harus memakan anak kucing tersebut demi keselamatan anak kucing lainnya.

  1. Anak Kucing dalam Bahaya

Induk kucing sering memindahkan tempat sarang anaknya. Hal ini terjadi karena was – was. Ibu kucing takut akan adanya predator atau hewan lain yang memangsa anaknya. Terlebih lagi apabila sang induk mencium aroma lain di tubuh sang anak. Induk kucing akan langsung mencari tempat sarang baru yang dirasa aman. Untuk mengurangi stress, induk kucing biasanya memilih untuk memakan anaknya untuk mengurangi jumlah anaknya.

  1. Tidak Memiliki Pengalaman

Kasus ini termasuk jarang, akan tetapi ada kemungkinan untuk induk kucing yang baru pertama memiliki anak. Induk kucing yang baru pertama kali melahirkan biasanya tidak mau mengurus sang anak. Oleh karena itu sang induk lebih memilih memakannya. Karena tidak memiliki pengalaman, induk kucing biasanya menelantarkan sang anak. Biasanya setelah lahir, anak kucing tersebut tidak terurus, induknya tidak mau memakan selaput yang ada pada anak kucing. Sehingga sang anak tidak dapat bernafas dan mati. Setelah itu sang induk memakannya, dan bisa juga terjadi kemungkinan sang induk menelantarkannya.

Baca Juga  Contoh Scripting: Panduan Lengkap untuk Pemula

Bagi kalian yang memelihara kucing dirumah, sangat disarankan untuk memeriksakan kehamilan sang kucing. Kalian juga dapat memberi tahu kucing kalian kalau mereka sedang mengandung dan akan memiliki anak. Mungkin dengan cara tersebut dapat mengurangi resiko induk kucing memakan anaknya dikarenakan tidak memiliki pengalaman. Selain itu, pada saat kehamilan kucing usahakan mereka tidak mengalami stress hingga tidak mau makan. Kalian dapat lebih memperhatikan mereka dengan cara memberikan treats, makanan basah, vitamin yang tercukupi. Kalian juga dapat menghabiskan waktu bersama kucing kalian yang sedang hamil. Karena, kucing akan lebih minta diperhatikan pada saat mereka hamil. Sama seperti manusia, kucing juga lebih sensitif pada saat hamil. Itulah beberapa alasan mengapa induk kucing memakan anaknya. Semoga bermanfaat!

baca juga artikel kami lainnya Rekomendasi Kuliner Pagi di Malang

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)