Rendra Masdrajad Safaat

Terekam: Turis Asal Rusia Dimangsa Hiu Macan!

Korban saat ditarik oleh hiu macan terekam kamera.
Korban saat ditarik oleh hiu macan terekam kamera.

Wartajatim.co.id, 09 Juni 2023 – Konsulat Jenderal Rusia di Hurghada dan pihak berwenang Mesir mengungkapkan bahwa hiu macan menyerang dan membunuh seorang warga Rusia di dekat pantai resor Hurghada, yang terletak di Laut Merah, Mesir pada Kamis, 8 Juni 2023.

Kementerian Lingkungan Mesir juga mengonfirmasi melalui unggahan di platform Facebook bahwa serangan hiu macan menyebabkan kematian pengunjung asal Rusia tersebut. Namun, identitas korban tidak diungkapkan dengan lebih detail.

Internship Warta Jatim

Tim dari Kementerian bersama dengan beberapa lembaga lainnya berhasil menangkap hiu macan dalam insiden tersebut, seperti yang dinyatakan dalam pernyataan yang diterbitkan.

Saat ini, laboratorium sedang memeriksa hiu macan tersebut guna mencari tahu mengapa serangan yang jarang ini dapat terjadi.

Larangan untuk berenang, snorkeling, dan melakukan kegiatan olahraga air di sejumlah pantai terdekat dengan kejadian tersebut telah dikeluarkan oleh otoritas setempat.

Insiden ini tergambarkan dalam sebuah video yang beredar di internet, di mana seorang pria terlihat berjuang di dalam air sebelum terus-menerus diserang oleh hiu yang berputar-putar di sekitarnya. Akhirnya, pria asal Rusia tersebut ditarik ke bawah air oleh Sang hiu macan tersebut.

Kedatangan seorang penyelam di tempat kejadian beberapa saat setelah serangan mengungkapkan bahwa pertolongan segera diberikan kepada korban setelah alarm dipicu oleh penjaga pantai dari hotel terdekat.

Berdasarkan laporan dari kantor berita Rusia TASS, seorang pemuda Rusia yang lahir pada 1999 dan tinggal di Mesir, bukan seorang wisatawan, adalah korban dalam insiden tersebut.

Dalam pesan yang dipublikasikan di saluran resmi telegram, Konsul Jenderal (Konjen) Mesir telah mengeluarkan peringatan kepada wisatawan untuk tetap waspada saat berada di pantai dan mematuhi larangan berenang yang diberlakukan oleh pihak berwenang setempat.

Baca Juga  Donald Trump Tersandung Masalah Lagi, Kali Ini Pelecehan Seksual

Meskipun serangan hiu jarang terjadi di wilayah pesisir Laut Merah, terdapat dua serangan fatal di Hurghada pada 2022 dalam rentang waktu beberapa hari. Serangan tersebut menyebabkan seorang turis Austria dan seorang turis Rumania meninggal dunia.

Sebelumnya, pada tahun 2018, terjadi serangan hiu yang menimpa seorang turis Ceko di pantai Laut Merah, dan pada tahun 2015, seorang turis Jerman juga mengalami kejadian serupa.

Media Partner Warta Jatim