Rendra Masdrajad Safaat

Terlibat Kecelakaan Beruntun, Begini Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil

Ilustrasi Mobil Kecelakaan Beruntun
Ilustrasi Mobil Kecelakaan Beruntun

Malang – Kecelakaan beruntun di jalan raya sering kali menjadi mimpi buruk bagi setiap pengendara. Kejadian seperti ini tidak hanya mengakibatkan kerusakan fisik pada kendaraan, tetapi juga dapat menimbulkan trauma psikologis dan kerugian finansial. Insiden yang melibatkan sejumlah mobil di Km 92 Jalan Tol Cipularang pada 26 Juni 2022 lalu, menjadi pengingat betapa pentingnya memiliki asuransi mobil. Selain mengurangi beban finansial, asuransi mobil memberikan ketenangan pikiran bahwa segala kerugian akibat kecelakaan dapat ditanggung.

Pentingnya Asuransi Kecelakaan Mobil

Asuransi kecelakaan mobil adalah bentuk perlindungan finansial yang penting bagi setiap pemilik kendaraan. Dengan memiliki asuransi, berbagai risiko seperti tabrakan, kecelakaan akibat bencana alam, hingga pencurian dapat ditanggung. Selain melindungi kendaraan, asuransi mobil juga memproteksi pengendara dan penumpang yang berada di dalamnya. Dalam kondisi kecelakaan beruntun, dimana biasanya akan terjadi saling tuntut antara yang ditabrak dan yang menabrak, memiliki asuransi mobil dengan jaminan All Risk akan sangat membantu. Semua klaim bisa diselesaikan oleh perusahaan asuransi masing-masing melalui sistem knock for knock agreement.

Internship Warta Jatim

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengajukan klaim asuransi mobil setelah terlibat dalam kecelakaan beruntun:

1. Laporkan Kerusakan Segera

Setelah kecelakaan terjadi, pastikan untuk segera melaporkan kerusakan kepada pihak asuransi. Ceritakan kronologi kejadian secara rinci dan jangan lupa untuk mengambil foto bagian mobil yang rusak sebagai bukti pengajuan klaim. Semakin cepat Anda melapor, semakin cepat pula proses klaim akan dimulai.

Baca Juga  Suzuki Siap Menggebrak! Jimny Terbaru Meluncur dengan Desain Baru 5 Pintu!

2. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk memproses klaim asuransi, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen penting seperti:

  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • Polis asuransi kendaraan
  • Fotokopi SIM
  • Surat keterangan dari polisi jika kerusakan mobil di atas 70%

Pastikan semua dokumen sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan dari perusahaan asuransi.

3. Ajukan Klaim Secara Digital

Banyak perusahaan asuransi kini menyediakan platform digital untuk memudahkan pengajuan klaim. Login ke aplikasi yang disediakan oleh perusahaan asuransi, isi formulir klaim yang tersedia, dan upload foto kerusakan pada mobil sebagai bukti pengajuan klaim. Proses ini lebih praktis dan dapat menghemat waktu Anda.

4. Pantau Progres Pengajuan Klaim

Setelah mengajukan klaim, Anda dapat memantau progresnya melalui aplikasi yang disediakan oleh pihak asuransi. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengetahui status klaim tanpa harus bolak-balik ke kantor asuransi.

5. Datang Langsung ke Kantor Asuransi

Jika pengajuan klaim secara digital tidak kunjung diproses atau mengalami kendala, Anda bisa mendatangi kantor asuransi secara langsung dengan membawa dokumen lengkap. Tim asuransi akan membantu Anda untuk menyelesaikan proses klaim dan melakukan penjemputan mobil untuk perbaikan.

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Mobil All Risk

Asuransi All Risk adalah salah satu jenis asuransi kendaraan yang paling banyak dipilih karena memberikan perlindungan yang luas. Berikut adalah langkah-langkah khusus untuk mengajukan klaim asuransi kecelakaan mobil All Risk:

1. Dokumentasikan Kerusakan

Dokumentasikan semua kerusakan pada mobil, sekecil apapun. Ambil foto dari berbagai sudut dan buat laporan kerusakan kepada pihak asuransi dengan menyertakan bukti-bukti tersebut.

2. Hubungi Agen Asuransi

Jika Anda berada di luar kota saat kecelakaan terjadi, hubungi agen asuransi Anda dan ceritakan kronologi kejadian. Agen akan memberikan arahan tentang bengkel rekanan terdekat dan prosedur klaim yang harus diikuti.

Baca Juga  Pengertian Badan Usaha: Mengenal Jenis, Keuntungan, dan Pendirian

3. Isi Formulir Klaim

Isi formulir klaim yang disediakan oleh bengkel rekanan atau pihak asuransi. Pastikan untuk membawa semua dokumen yang dibutuhkan. Jika klaim diterima, bengkel akan segera melakukan perbaikan mobil Anda.

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

Jika Anda memiliki asuransi mobil kredit, proses klaim mungkin sedikit berbeda dari asuransi mobil biasa. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengajukan klaim asuransi mobil kredit:

1. Hubungi Pihak Asuransi dan Kreditur

Segera laporkan kecelakaan kepada pihak asuransi dan kreditur setelah kejadian. Pastikan Anda memberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai kecelakaan tersebut.

2. Siapkan Dokumen Pendukung

Anda akan diminta untuk menyiapkan dokumen seperti:

  • Laporan polisi
  • Dokumen kendaraan (STNK, SIM)
  • Dokumen pembiayaan kredit
  • Dokumen-dokumen ini diperlukan untuk memproses klaim Anda.

3. Mengisi Formulir Klaim

Ajukan klaim dengan mengisi formulir yang disediakan oleh pihak asuransi. Pastikan Anda mengisi formulir tersebut dengan benar dan lengkap.

4. Proses Verifikasi dan Survei

Pihak asuransi akan melakukan verifikasi dan survei terhadap kerusakan mobil. Mereka akan memeriksa apakah kerusakan tersebut sesuai dengan ketentuan polis asuransi kredit.

5. Perbaikan di Bengkel Rekanan

Jika klaim Anda disetujui, mobil Anda akan diperbaiki di bengkel rekanan yang bekerja sama dengan pihak asuransi dan kreditur. Pastikan Anda mengikuti prosedur yang telah ditetapkan untuk mempercepat proses perbaikan.

Tips Tambahan untuk Mengajukan Klaim Asuransi Mobil

Jangan Panik: Tetap tenang dan fokus pada keselamatan diri dan penumpang lain setelah kecelakaan.
Dokumentasi Lengkap: Ambil foto dan video kerusakan serta situasi di sekitar lokasi kejadian untuk memperkuat laporan klaim Anda.
Komunikasi yang Baik: Jalin komunikasi yang baik dengan pihak asuransi dan bengkel untuk mempercepat proses klaim.

Baca Juga  Pemerintah Bertanggung Jawab, BPJS Kesehatan Menanggung Biaya Pasien Covid-19

Risiko kecelakaan di jalan raya cukup tinggi, sehingga penting bagi pemilik kendaraan untuk memiliki proteksi terbaik dari asuransi mobil. Dengan memahami cara mengajukan klaim asuransi mobil, Anda dapat mengurangi beban finansial dan mendapatkan perbaikan kendaraan dengan lebih cepat. Jangan biarkan salah kaprah menghalangi Anda untuk mendapatkan perlindungan yang Anda butuhkan. Pahami asuransi mobil sebelum menyesal!

 

Media Partner Warta Jatim