Rendra Masdrajad Safaat

Test Drive Singkat Mobil Chery Omoda 5, Saingan Honda HR-V

Chery Omoda 5
Chery Omoda 5 yang digadang-gadang menjadi pesaing Honda HR-V

WartaJatim.co.id, 3 Mei 2023 – Chery memastikan bahwa mereka akan meluncurkan mobil terbaru mereka, yaitu Omoda 5 pada bulan April 2023. Mobil SUV ini diharapkan menjadi pesaing serius bagi Honda HR-V.

Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun lalu, Chery Omoda 5  dikonfirmasi akan kembali dipamerkan pada pameran otomotif yang sama tahun ini yang akan dimulai pada tanggal 16 Februari.

Internship Warta Jatim

“Tahun ini kita akan perkenalkan Omoda 5 untuk pasar Indonesia, akan diperkenalkan April setelah IIMS,” kata Zhang Wei, Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia beberapa waktu lalu.

Chery akan memproduksi Omoda 5, produk global mereka di Indonesia. Bagaimana penampakan dan pengalaman berkendara dengan Omoda 5? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Hyundai Kona 2024: Bodi Lebih Bongsor dan Baterai Lebih Besar

Eksterior

Chery merilis Omoda 5 sebagai SUV premium ketiga mereka di Indonesia setelah Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Mereka menggarap produk ini untuk pasar konsumen muda yang menyukai mobil dengan tampilan sporty, gagah, dan premium.

Mobil ini menampilkan desain eksterior modern, sporty, dan mewah dengan gril depan yang lebar, bergaya ala-ala berlian, dan disebut one-piece diamond grille yang menampilkan kesan gagah dan mewah.

Lampu utamanya menggunakan LED proyektor dan lampu sein menganut sequential, sedangkan foglamp masih berupa reflektor.

Tampilan Omoda 5 semakin terlihat agresif dari samping berkat kombinasi warna abu-abu tua dan merah, serta list merah pada bagian bawah bodi hingga spion samping.

Pada bagian belakang, lampu LED dipadukan dengan aksen merah, kaca belakangnya dibuat rendah, dan ada tambahan spoiler yang membuat SUV ini terasa lebih berkelas.

Baca Juga  Cara Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk Kesuksesan Bisnis

Interior

Saat masuk ke dalam kabin mobil Omoda 5, pengalaman pertama yang dirasakan adalah nuansa modern. Ada sunroof yang memudahkan cahaya masuk ke dalam kabin. Pada bagian dashboard, terdapat layar berukuran 20,5 inci.

Kursi pengemudi dan penumpang depan terlihat elegan dengan balutan kulit sintetis berwarna hitam. Kursinya memiliki headrest menyatu dan pengaturan elektrik. Selain itu, terdapat ruang penyimpanan yang berlimpah, cocok untuk perjalanan jauh atau aktivitas sehari-hari.

Fitur wireless charging untuk mengisi daya ponsel juga tersedia pada bagian depan, namun hanya dapat digunakan untuk handphone yang mendukung fitur pengecasan tanpa kabel.

Steering wheel juga dilengkapi dengan fitur tilt dan telescopic steering, sehingga pengemudi dapat menyesuaikan posisi setir yang tepat saat berkendara.

Dengan dimensi panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.585 mm, dan jarak sumbu roda 2.630 mm, Omoda 5 memberikan kenyamanan kabin yang luas.

Ruang baris kedua cukup untuk penumpang, meskipun tidak terlalu besar. Untuk penumpang dengan tinggi rata-rata orang Indonesia, duduk di belakang masih terasa nyaman.

Omoda 5 dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi terkini, seperti automatic driving, electronic power steering (EPS), electronic parking brake (EPB) dan auto hold, lane keeping system, traffic signal recognition system (TSR), adaptive cruise control (ACC), serta cruise assist terintegrasi.

Untuk keselamatan, Omoda 5 telah dilengkapi dengan Advance Driving Assistance System (ADAS) dan enam airbag.

Kesimpulan

Chery Omoda 5 menunjukkan kepercayaan diri sebagai penantang serius Honda HR-V Turbo RS. Mobil buatan pabrikan China ini mampu menjadi rival HR-V dari segi desain eksterior maupun interior.

Desain mobil ini tergolong tidak berlebihan dan terlihat anti-mainstream. Kabin di dalamnya juga memiliki tampilan mewah dengan berbagai fitur yang telah disematkan.

Baca Juga  Turut Majukan Iklim Investasi dan Perekonomian, Primaland Terima Penghargaan dari Walikota Malang

Dalam hal performa mesin dan kenyamanan berkendara, Chery Omoda 5 juga cukup baik. Mesinnya responsif dan dapat dimanuver dengan lancar.

Meskipun demikian, pihak Chery masih belum membocorkan harga resmi dari Omoda 5. Namun, diperkirakan mobil ini akan dijual dengan harga kisaran Rp350 juta hingga Rp400 juta.

Media Partner Warta Jatim