Rendra Masdrajad Safaat

Waspada Serangan Cyber! Ini 6 Tips Melindungi Data Pribadi 

tips melindungi data pribadi

tips melindungi data pribadi-Ketika beraktivitas di dunia digital, keamanan cyber adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab serangan cyber semakin marak terjadi, dan dapat menimbulkan kerugian yang besar, baik secara finansial maupun reputasi. 

Tips Menghindari Serangan Cyber

Untuk melindungi diri dari serangan cyber dan menjaga data pribadi agar tetap aman, ada beberapa tips dan teknik yang dapat kamu lakukan, antara lain:

Internship Warta Jatim
  1. Perbarui Perangkat Lunak Secara Rutin

Perangkat lunak yang tidak terupdate memiliki kerentanan yang bisa dimanfaatkan oleh penyerang. Penyedia perangkat lunak dan aplikasi biasanya merilis pembaruan secara berkala untuk memperbaiki sistem keamanan mereka. 

Jadi, pastikan sistem operasi, aplikasi, perangkat lunak di gadget kamu selalu diperbarui ke versi yang terbaru.

  1. Gunakan Sandi yang Kuat dan Berbeda

Kata sandi adalah kunci utama untuk melindungi berbagai akun yang kita miliki. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan unik di setiap akun. 

Kata sandi yang kuat setidaknya harus terdiri dari 8 karakter, termasuk kombinasi huruf, angka, dan simbol. Penggunaan sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun sangat penting karena akan membuat penyerang lebih sulit untuk memecahkannya.

  1. Aktifkan 2FA (Two Factor Authentication)

2FA adalah fitur keamanan ekstra yang dapat menghalangi penyerang meskipun mereka tahu sandimu. Saat 2FA diaktifkan, kamu akan diminta untuk memasukkan kode OTP (one-time password) yang dikirim ke perangkat saat masuk ke akun.

  1. Hati-hati dengan Phishing

Phishing adalah metode yang umum digunakan oleh hacker untuk mencuri informasi pribadimu. Jangan pernah mengklik tautan atau membuka lampiran email yang mencurigakan dari pengirim yang tidak kamu kenal. 

Baca Juga  Merencanakan Keuangan untuk Mudik Lebaran: Tips Hemat dan Bijak

Karena tautan dan lampiran tersebut mungkin dapat mengandung malware atau virus yang dapat menginfeksi perangkatmu lalu mencuri data pribadimu. Selalu periksa alamat email pengirim dan pastikan keaslianya sebelum memberikan informasi pribadi.

  1. Perhatikan Aplikasi yang Kamu Unduh

Pastikan hanya mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya, seperti Google Play Store dan App Store. Biasakan membaca ulasan dan peringkat dulu sebelum mengunduh aplikasi yang kamu inginkan, karena aplikasi yang mencurigakan dapat menjadi pintu masuk bagi malware dan virus.

  1. Awasi Aktivitas Akun

Selalu periksa aktivitas akun secara teratur. Jika kamu melihat aktivitas yang mencurigakan, segera ubah sandi dan hubungi customer service dari akun aplikasi yang kamu gunakan.

Dengan mengikuti tips dan teknik di atas, kamu dapat meningkatkan keamanan cyber, serta melindungi data pribadi sehingga dapat mencegah banyak masalah yang tidak diinginkan. Jaga informasi pribadimu agar dapat menikmati layanan digital dengan lebih aman!

Untuk Membaca berita seputar Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

Media Partner Warta Jatim