Rendra Masdrajad Safaat

Tol Singosari Padat, Prediksi Puncak Kemacetan Kota Malang saat Tahun Baru

Tol Singosari Padat, Prediksi Puncak Kemacetan Kota Malang saat Tahun Baru
Tol Singosari Padat, Prediksi Puncak Kemacetan Kota Malang saat Tahun Baru

Malang, 30 Desember 2023 – Arus lalu lintas di Tol Singosari menuju Kota Malang mengalami kepadatan signifikan menjelang perayaan Tahun Baru 2024. Pada hari ini, Sabtu, 30 Desember 2023, tercatat lonjakan volume kendaraan yang melintas, menimbulkan kekhawatiran akan potensi kemacetan di sekitar wilayah tersebut.

Menurut data yang diperoleh dari PT Jasa Marga Pandaan-Malang, sejak pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB, terdapat 2.537 kendaraan yang keluar dari exit Tol Singosari. Kepala Pos Pelayanan Karanglo, Ipda Danny Rizar Ramadhan, mengungkapkan bahwa prediksi peningkatan volume kendaraan terkait dengan long weekend menjelang perayaan tahun baru.

Internship Warta Jatim

“Dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB, kendaraan yang menuju ke Singosari mencapai 2.537 kendaraan. Prediksi kami, pada hari ini akan mulai ada peningkatan volume karena tahun baru jatuh pada hari Senin. Sehingga bisa dibilang long weekend,” ungkap Ipda Danny.

Peningkatan arus lalu lintas ini diprediksi akan mencapai puncaknya pada malam pergantian tahun baru. Masyarakat yang merayakan di luar rumah, terutama di kafe atau tempat wisata, diharapkan dapat menyebabkan lonjakan volume kendaraan, terutama dari arah Surabaya.

baca juga: Insiden Kontroversial di Tol Sidoarjo: Truk Box Menghadang Mobil Ertiga, Netizen Bereaksi

“Diperkirakan pada malam pergantian tahun baru, pasti ada peningkatan arus. Masyarakat banyak mencari tempat untuk berkumpul di kafe atau tempat wisata. Sehingga mengakibatkan ada peningkatan volume kendaraan dari arah Surabaya,” tambah Danny.

Dalam upaya mengantisipasi kemacetan, pihak berwenang, termasuk polisi, bersiap-siap untuk mengelola arus lalu lintas dengan baik. Ipda Danny Rizar Ramadhan menekankan bahwa meskipun diperkirakan peningkatan arus lalu lintas lebih rendah dibandingkan dengan libur Natal, langkah-langkah pengamanan tetap diterapkan.

Baca Juga  Update! Banjir di Arosbaya Bangkalan Masih Sebetis Orang Dewasa

“Kalau Natal kemarin liburnya lebih panjang sejak hari Sabtu (23/12) sampai Selasa (26/12). Kalau tahun baru ini kan Sabtu (30/12) sampai Senin (1/1/2024). Meski begitu, kami akan tetap stand by untuk memastikan arus lalu lintas aman dan lancar,” tuturnya.

Dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi, polisi juga memiliki rencana pengalihan arus lalu lintas jika diperlukan untuk mengatasi kepadatan di jalur keluar kendaraan melalui Exit Tol Singosari menuju Kota Batu melalui Karangploso.

Terkait kondisi ini, Ria Marlinda Paallo, VP Corporate Secretary and Legal PT Jasa Marga Transjawa Tol, menyarankan masyarakat untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri saat bepergian selama libur tahun baru.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri sejak sekarang. Keselamatan dan kelancaran perjalanan adalah prioritas utama,” ujarnya.

Media Partner Warta Jatim