Jawa Timur Raih Penghargaan Tourism Entrepreneurial Award 2023

Tourism Entrepreneurial Award 2023 Jawa Timur

WartaJatim.co.id, 19 Juni 2023 – Dengan kerja keras dan inovasi dari Pemerintah, pelaku bisnis, dan industri pariwisata, Jatim meraih penghargaan Tourism Entrepreneurial Marketing Award 2023 sebagai Pemerintah Daerah yang kreatif dan inovatif dalam memperkuat sektor pariwisata di Jakarta, Sabtu (17/6/2023).

Jawa Timur gencar mengembangkan destinasi wisata di setiap daerah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Banyak desa yang berusaha mengoptimalkan potensi wisata untuk mempercepat dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, merasa bangga atas penghargaan yang diterima oleh Pemprov Jatim melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim yang memimpin pemulihan ekonomi sektor pariwisata di Jawa Timur.

Baca juga artikel tentang Ilmu Ekonomi Kreatif: Inovasi dan Pertumbuhan Ekonomi

Menurutnya, kreativitas dan inovasi dalam menarik wisatawan lokal maupun mancanegara ke Jatim harus dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui digitalisasi teknologi yang memudahkan para wisatawan untuk mengunjungi Jawa Timur.

“Dengan bangga, Disbudpar Jatim mengusulkan eastjava.travel dan memenangkan kategori digitalisasi di ajang Mark Plus yang diselenggarakan oleh Bapak Hermawan Kartajaya,” ujar Khofifah pada Minggu (18/6/2023).

“eastjava.travel adalah sebuah website yang memungkinkan para traveler melihat daya tarik wisata dengan teknologi panorama 360, atau sering disebut sebagai virtual tour,” tambahnya.

Khofifah menjelaskan bahwa virtual tour saat ini menjadi tren di kalangan traveler. Wisatawan dapat menggambarkan suasana di lokasi wisata dengan melihat video, gambar, dan elemen multimedia lainnya seperti suara, narasi, dan teks.

“Virtual Tour digunakan untuk memvisualisasikan dan menggambarkan lokasi wisata dengan video dan media fotografi dari jarak dekat,” jelasnya.

Baca Juga  Gunung Bromo Keluarkan Asap Putih Tebal Setinggi 700 Meter, PVMBG Ingatkan Warga dan Pengunjung untuk Waspada

“Melalui virtual tour ini, wisatawan akan semakin tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata asli,” kata Khofifah.

Gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut mengakui bahwa virtual tour menjadi tren yang terus meningkat, terutama selama pandemi. Sekarang, digitalisasi teknologi terus berkembang sehingga orang tidak perlu keluar rumah untuk melihat panorama 360 dari daya tarik wisata.

“Sekarang waktunya berwisata melalui teknologi digital dengan menggunakan smartphone, kita bisa menikmati suasana dan panorama tempat wisata tersebut,” paparnya.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) yang tiba melalui Bandara Juanda hingga Maret 2023 mencapai 10.653 orang, mengalami peningkatan sebesar 18 persen.

Beberapa tujuan favorit para wisman saat berkunjung ke Jatim adalah Taman Wisata Alam (TWA) Ijen, Taman Nasional (TN) Bromo Tengger Semeru, Kampung Warna Warni, Pulau Noko Gili, Museum Probolinggo, dan Gereja Merah.

“Kami bersyukur bahwa Jatim masih menjadi tujuan wisata bagi wisatawan mancanegara dari berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Australia, Timor Leste, Tiongkok, Amerika, Korea Selatan, Inggris, dan Rusia. Kami berharap kunjungan wisman akan terus meningkat setiap bulannya, seiring dengan optimisme pemerintah dalam memulihkan diri pasca pandemi Covid-19,” tutup Khofifah.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)