Rendra Masdrajad Safaat

Toyota Yaris Terbaru Menggebrak dengan Mesin Hybrid Lebih Bertenaga

Toyota yaris
Toyota Yaris di Eropa (Foto: Dok. Toyota Eropa)

WartaJatim.co.id, 8 Juni 2023Toyota meluncurkan Yaris terbaru di Eropa, khusus untuk pasar Benua Biru. Yaris ini memiliki perbedaan dengan versi yang dijual di Indonesia.

Di Eropa, Toyota Yaris khusus Benua Biru hadir dengan pilihan mesin hybrid yang lebih bertenaga. Secara visual, hatchback berbasis TNGA ini tetap mempertahankan tampilan yang identik dengan model Yaris Eropa sebelumnya.

Internship Warta Jatim

Namun, terdapat beberapa revisi utama, seperti powertrain hybrid yang lebih bertenaga dan perbaikan interior serta sistem keselamatan.

Yaris terbaru ini dilengkapi dengan sistem Hybrid 130 yang menggunakan E-CVT dengan mesin bensin tiga silinder 1.500 cc.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 91 daya kuda pada 5.500 rpm dengan torsi maksimal 120 Nm pada 3.600-4.800 rpm.

Salah satu perbedaannya terletak pada motor listrik yang lebih besar dan lebih bertenaga. Output total gabungan dari mesin dan motor listrik mengalami peningkatan 12 persen dari 114 daya kuda menjadi 129 daya kuda, sementara torsi yang dihasilkan motor listrik meningkat 30 persen dari 141 Nm menjadi 185 Nm.

Toyota menyatakan bahwa peningkatan output ini membantu mengurangi waktu akselerasi dari 0-100 km/jam menjadi 9,2 detik dan akselerasi dari 80-120 km/jam menjadi 7,5 detik.

Pada bagian interior, Yaris terbaru menampilkan instrument cluster digital dengan pilihan ukuran layar 7 atau 12,3 inci. Versi 12,3 inci menawarkan empat mode tampilan, yaitu Smart, Casual, Sporty, dan Tough.

Sementara itu, ukuran layar unit kepala sentuh meningkat menjadi 9 atau 10,5 inci tergantung pada tipe yang dipilih.

Sistem infotainment Toyota Smart Connect baru menawarkan navigasi berbasis cloud sebagai fitur standar dengan antarmuka yang lebih intuitif dan responsif.

Baca Juga  Pengertian Merger dan Contohnya, sebenarnya apasih manfaatnya?

Fitur lainnya dari sistem ini mencakup pengenalan suara dengan agen suara “Hey Toyota”, serta dukungan nirkabel untuk Android Auto dan Apple CarPlay. Terdapat juga kunci pintar digital yang menggunakan aplikasi MyT, yang memungkinkan hingga lima pengguna untuk mengakses kendaraan menggunakan smartphone mereka.

Toyota juga memasukkan sistem bantuan pengemudi canggih yang disebut Toyota T-Mate. Sistem ini mencakup fitur-fitur baru seperti Acceleration Suppression untuk mencegah potensi tabrakan pada kecepatan rendah akibat akselerasi mendadak, Emergency Driving Stop System yang secara perlahan menghentikan kendaraan jika tidak ada input pengemudi yang terdeteksi dalam jangka waktu tertentu, dan Road Sign Assist dengan pembatas kecepatan.

Selain itu, Yaris terbaru juga dilengkapi dengan Proactive Driving Assist (PDA) yang membantu menghindari bahaya kecelakaan saat berkendara dengan kecepatan rendah.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur Deceleration Assist yang memberikan perlambatan halus saat pengemudi melepas pedal gas untuk memperlambat kendaraan saat mendekati kendaraan yang lebih lambat di depan atau saat memasuki tikungan, serta fitur Steering Assist yang menyesuaikan gaya kemudi untuk membantu pengemudi melakukan belokan yang lancar dan stabil ketika ada tikungan di jalan.

Media Partner Warta Jatim