Universitas Brawijaya Memberikan Beasiswa untuk Mahasiswa Palestina sebagai Bentuk Dukungan

Malang, 19 Desember 2023 – Universitas Brawijaya (UB) Malang menunjukkan komitmen kuatnya terhadap solidaritas dengan masyarakat Palestina melalui langkah nyata, yaitu memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal Palestina. Deklarasi ini diumumkan dalam acara yang digelar di Gedung Samantha Krida pada Selasa (19/12), sebagai wujud nyata dukungan UB terhadap konflik yang terjadi di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Sukir Maryanto, Ketua Pelaksana Dies Natalis ke-61 UB, menjelaskan, “UB berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif terhadap situasi di Palestina. Salah satu langkah konkret yang kami ambil adalah memberikan beasiswa kepada mahasiswa Palestina yang ingin melanjutkan pendidikan di UB.”

Deklarasi solidaritas ini juga melibatkan Prof Aan Eko Widianto, Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, sebagai narasumber utama. Beliau menegaskan, “Kami percaya bahwa pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk masa depan yang lebih baik. Dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Palestina, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif kepada mereka dan masyarakat Palestina secara keseluruhan.”

Lebih lanjut, Prof Aan menyampaikan, “Beasiswa ini bukan hanya tentang memberikan akses pendidikan tinggi, tetapi juga tentang memberikan dukungan moral kepada mahasiswa Palestina yang tengah menghadapi situasi sulit di tanah air mereka.”

Dalam konteks dukungan kesehatan, Prof Sukir menambahkan, “Kami juga bekerja sama dengan Mercy Corps (Mer-C) untuk memberikan bantuan alat kesehatan, terutama alat cuci darah portabel, kepada masyarakat Palestina yang membutuhkan. Kami berharap dapat memberikan kontribusi positif tidak hanya dalam bidang pendidikan, tetapi juga kesehatan.”

Sejumlah mahasiswa Palestina yang sedang menempuh studi di UB juga turut memberikan tanggapan positif. Ahmad Al-Hassan, salah satu mahasiswa Palestina, menyampaikan, “Inisiatif beasiswa ini sangat membantu kami. Kami berterima kasih kepada UB atas dukungan konkret ini. Semoga langkah ini dapat menginspirasi perguruan tinggi lain untuk turut berkontribusi dalam penyelesaian konflik di Palestina.”

Baca Juga  Kecelakaan Bus Harapan Jaya di Tol Sumo: 3 Orang Luka Ringan, Beruntung Tak Ada Korban Jiwa

Melalui keputusan ini, UB tidak hanya menjadi tempat studi tetapi juga menjadi lembaga yang aktif berperan dalam membantu membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Palestina.

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)