Rendra Masdrajad Safaat

Uruguay Meraih Gelar Juara Piala Dunia U-20 2023 Setelah Mengalahkan Italia

Uruguay juara Piala Dunia U-20 2023

WartaJatim.co.id 12 Juni 2023 – Uruguay meraih gelar juara Piala Dunia U-20 2023 setelah memenangkan pertandingan final dengan skor tipis 1-0 melawan Italia. Gol penentu kemenangan dicetak oleh Luciano Rodriguez di menit akhir, di Stadion Ciudad de La Plata pada Senin (12/6/2023) dini hari WIB.

Meskipun ini kali pertama Italia mencapai final Piala Dunia U-20, mereka sedikit lebih diunggulkan dalam pertandingan ini. Italia menunjukkan performa yang luar biasa selama turnamen di Argentina dengan mengalahkan tim-tim seperti Inggris, Brasil, Kolombia, dan Korea Selatan.

Internship Warta Jatim

Selama berlangsungnya Piala Dunia U-20 2023, Cesare Casadei, gelandang yang bermain untuk klub Inggris Chelsea, menjadi pemain yang paling mencuri perhatian dari tim Italia. Meskipun bukan seorang penyerang, Casadei berhasil mencetak tujuh gol dalam enam pertandingan. Di sisi lain, Uruguay harus menghadapi tantangan tanpa kehadiran Mateo Ponte yang mengalami cedera.

Uruguay berhasil memberikan tekanan kepada Italia di awal pertandingan. Di menit awal, mereka mendapatkan peluang emas melalui aksi Fabricio Diaz. Namun, sayangnya tembakan Diaz mengenai tiang gawang bagian luar.

Tim Italia juga mencoba mengancam melalui pemain berusia 17 tahun, Simone Pafundi, namun mereka masih belum berhasil merobek jala Uruguay. Peluang lain datang bagi Uruguay melalui sundulan Anderson Duarte, tetapi kiper Sebastiano Desplanches berhasil menggagalkannya dengan melakukan penyelamatan.

Uruguay berhasil mencetak gol kemenangan di menit akhir

Pada awal babak kedua, Italia memiliki kesempatan lagi melalui sundulan Alan Matturro yang masih meleset dari target.

Diaz kembali mengancam gawang Italia dengan tembakan keras, tetapi Desplanches berhasil mengamankannya.

Terjadi drama di menit ke-81. Matteo Prati awalnya dihadiahi kartu merah langsung karena tekel keras, namun setelah pemeriksaan menggunakan VAR, wasit memutuskan untuk merevisi keputusannya menjadi hanya kartu kuning untuk Prati.

Baca Juga  Lakukan 6 Amalan Ini Untuk Menyambut Bulan Ramadhan 2023!

Meskipun gagal mendapatkan keuntungan dari kejadian tersebut, Uruguay justru berhasil mencetak gol empat menit kemudian. Luciano Rodriguez mencetak gol dengan sundulan memanfaatkan kekacauan yang terjadi di kotak penalti Italia.

Pada sisa pertandingan, Italia gagal memaksa perpanjangan waktu. Bahkan, gawang Italia nyaris kebobolan kembali jika tidak diselamatkan oleh Desplanches dari tembakan Franco Gonzalez.

Skor Akhir 1:0 membuat uruguay menjadi juara Piala Dunia U-20 2023.

Media Partner Warta Jatim