Usai Kudeta Rusia, Bos Wagner Meninggalkan Kotak Berisi Rp700 Miliar!

Wagner Group, sebuah perusahaan militer swasta.
Wagner Group, sebuah perusahaan militer swasta.

Wartajatim.co.id, 27 Juni 2023 – Beberapa kotak berisi uang tunai sebesar 4 miliar rubel (lebih dari Rp700 miliar) ditemukan oleh tentara Rusia saat kantor bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin di St Petersburg digeledah.

Menurut laporan media lokal, Fontaka, pada hari Senin (26/6/2023), kotak-kotak yang berisi uang tunai itu dikeluarkan dari mini-van Gazel di dekat kantor Prigozhin.

Kantor bos Wagner tersebut digeledah oleh tentara Rusia setelah Prigozhin meluncurkan kudeta militer pada hari Sabtu dan kemudian tiba-tiba membatalkannya pada hari Minggu.

Beberapa kotak berwarna coklat tersebut, sebagiannya sudah dalam kondisi terbuka, sehingga bundel uang kertas Rusia, kebanyakan berwarna merah, terlihat dengan jelas.

Menurut laporan Fontanka, Gazel putih menarik perhatian selama penggeledahan Hotel Trezzini di St Petersburg, yang menjadi kantor Prigozhin—bos Wagner yang telah meninggalkan Rusia untuk mengasingkan diri ke Belarusia.

Gazel tersebut menimbulkan kecurigaan karena bukan milik siapa pun yang tinggal di Akademichesky Lane, tempat mobil tersebut diparkir.

Mobil itu diperiksa untuk mengetahui apakah ada bahan peledak dan ketika dibuka kuncinya, pasukan Rusia menemukan kotak-kotak berisi uang.

Setelah berita penemuan itu tersiar, Prigozhin mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi kepemilikan van Gazel dan barang-barang lain yang digeledah.

“Bukan hanya Gazel yang ditemukan, tetapi dua minibus lain yang berisi uang yang dialokasikan untuk gaji, kompensasi untuk Cargo 200 [kode tidak resmi untuk jenazah tentara yang tewas dalam perang di Ukraina], dan hal-hal lain,” Prigozhin mengeluarkan pernyataan melalui Telegram tanpa mengonfirmasi lokasi keberadaannya.

Selama 10 tahun beroperasi, uang tunai selalu digunakan oleh Wagner Group untuk semua pembayaran, demikian yang diungkapkan oleh dia.

Baca Juga  Banyak Pemain Unggulan Absen di Thailand Open 2023

Pada hari Jumat waktu setempat, Prigozhin bersumpah untuk menggulingkan kepemimpinan militer Rusia dan merasa marah karena menurutnya tentara bayarannya telah dibom oleh militer. Krisis politik terbesar yang dihadapi negara itu dalam beberapa dekade pun dipicu.

Pemberontakan dilancarkan oleh Prigozhin dan 25.000 pasukannya, dan kendali kota Rostov, Rusia selatan, berhasil direbut. Langkah selanjutnya adalah menuju Moskow saat Presiden Vladimir Putin membuat siaran televisi darurat yang mengamuk atas “pengkhianatan internal”.

Namun, kudeta itu tiba-tiba dibatalkan oleh Prigozhin setelah Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, sekutu Putin, menjadi perantara untuk mengakhiri krisis.

Kesepakatan itu berarti Prigozhin akan diasingkan di Belarusia dan baik dia maupun pasukan tentara bayarannya tidak akan menghadapi tuntutan pidana di Rusia. Meskipun demikian, Belarusia menjadi tempat persembunyian Prigozhin sejak kesepakatan tersebut dibuat dan anak buahnya diperintahkan untuk mundur untuk menghindari “pertumpahan darah”.

Rumah dan jalan di wilayah selatan dikatakan rusak akibat kudeta pasukan Wagner, menurut pernyataan wali kota setempat Alexei Logvinenko di media sosial.

Sebanyak 10.000 meter persegi jalan di Rostov-on-Don dilaporkan telah rusak oleh jalur tank.

Sebanyak 19 rumah di desa Yelizavetovka dilaporkan rusak oleh seorang pejabat di wilayah selatan Voronezh bernama Maksim Yantsov, akibat dari baku tembak yang melibatkan pasukan Wagner.

Pada akhir pekan, kebakaran besar dilaporkan oleh otoritas Voronezh terjadi di depot minyak yang diduga terkait dengan pawai Wagner.

Dalam sebuah postingan pada hari Minggu, gubernur Alexander Gusev tidak menyebutkan konsekuensi yang terjadi.

Meskipun Wagner mengklaim telah menembak jatuh beberapa pesawat, otoritas Rusia tidak melaporkan adanya korban jiwa.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)