Rendra Masdrajad Safaat

Wapres Ajak Masyarakat Menjaga Toleransi dalam Perbedaan Hari Raya Idul Adha

Wapres Ajak Masyarakat Menjaga Toleransi dalam Perbedaan Hari Raya Idul Adha.
Wapres Ajak Masyarakat Menjaga Toleransi dalam Perbedaan Hari Raya Idul Adha.

WartaJatim.co.id, 19 Juni 2023 – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengeluarkan ajakan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga toleransi dalam perbedaan perayaan Hari Raya Idul Adha.

Hal ini disampaikan Wapres dalam rangka memperkuat kerukunan antarumat beragama di tengah keberagaman yang ada di Indonesia.

Internship Warta Jatim

 

Dalam pernyataannya, Wapres Ma’ruf Amin mengungkapkan pentingnya pemahaman dan penghargaan terhadap perbedaan hari raya.

Meskipun umat Muslim di Indonesia mayoritas merayakan Hari Raya Idul Adha pada tanggal yang sama, namun terdapat perbedaan pendekatan dalam pelaksanaannya.

Beberapa kelompok Muslim di Indonesia mengikuti penentuan tanggal dari Menteri Agama, sementara kelompok lain mengacu pada pengamatan langsung hilal atau bulan sabit.

 

Wapres Ma’ruf Amin menekankan bahwa perbedaan dalam perayaan Hari Raya Idul Adha harus dihormati dan tidak menjadi pemecah belah masyarakat. “Keberagaman adalah kekayaan kita sebagai bangsa. Kita perlu menjaga dan memperkuat toleransi antarumat beragama agar kehidupan beragama di Indonesia tetap harmonis dan damai,” kata Wapres.

 

Selain itu, Wapres Ma’ruf Amin juga mengajak para tokoh agama, ulama, pemuka-pemuka masyarakat, serta para tokoh di pemerintahan untuk berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga toleransi dalam perbedaan.

Dalam menghadapi perbedaan pendekatan dalam perayaan Idul Adha, Wapres berharap agar masyarakat dapat saling menghormati dan memahami perspektif satu sama lain.

 

Wapres Ma’ruf Amin menyoroti bahwa kerukunan antarumat beragama merupakan landasan yang kuat bagi keutuhan bangsa Indonesia.

Dalam menjaga kerukunan tersebut, penting bagi setiap individu dan kelompok agama untuk saling menghormati dan memahami perbedaan, termasuk perbedaan dalam perayaan hari raya.

 

Selain itu, Wapres Ma’ruf Amin juga mengimbau kepada media massa dan platform digital untuk menyebarkan informasi yang akurat dan tidak memicu konflik. “Media massa memiliki peran yang penting dalam membentuk persepsi dan sikap masyarakat. Mari bersama-sama menyebarkan pesan perdamaian, toleransi, dan saling menghormati dalam perbedaan,” ujar Wapres.

Baca Juga  Bayar Pajak Kendaraan Secara Online dengan Aplikasi Tokopedia: Cara Praktis dan Efisien

 

Wapres Ma’ruf Amin berharap dengan menjaga toleransi dalam perbedaan perayaan Hari Raya Idul Adha, Indonesia dapat terus menjadi contoh bagi negara-negara lain dalam membangun harmoni dan kerukunan antarumat beragama.

 

Dalam menjalankan tugas negara, Wapres Ma’ruf Amin akan terus mendorong dialog dan kolaborasi antarumat beragama, serta mengambil langkah-langkah konkret untuk memastikan kebebasan beragama dan beribadah bagi semua warga negara Indonesia.

 

Wapres juga mengingatkan media massa dan platform digital untuk berperan secara bertanggung jawab dalam menyampaikan informasi.

Media memiliki peran besar dalam membentuk persepsi dan sikap masyarakat.

Oleh karena itu, Wapres mengharapkan agar media massa dan platform digital menyebarkan pesan-pesan perdamaian, toleransi, dan saling menghormati dalam perbedaan.

Dengan cara ini, informasi yang disampaikan dapat mendorong pemahaman yang lebih baik di kalangan masyarakat.

 

Kerukunan antarumat beragama di Indonesia adalah salah satu landasan kuat bagi keutuhan bangsa.

Wapres menekankan bahwa menjaga kerukunan tersebut merupakan tanggung jawab bersama.

Semua individu dan kelompok agama perlu saling menghormati dan menghargai perbedaan dalam perayaan Hari Raya Idul Adha maupun dalam kehidupan sehari-hari.

 

Dalam menjalankan tugas negara, Wapres berkomitmen untuk terus mendorong dialog dan kolaborasi antarumat beragama.

Langkah-langkah konkret akan diambil guna memastikan kebebasan beragama dan beribadah bagi seluruh warga negara Indonesia.

 

Sebagai penutup, Wapres Ma’ruf Amin mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk bersatu dalam semangat persaudaraan dan menjaga kerukunan, tidak hanya dalam perayaan Idul Adha, tetapi juga dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Media Partner Warta Jatim