Waspadai! Ini Dia Tips Mengamankan Rumah Saat Mudik, Jangan Sampai Rumah Anda Jadi Incaran Maling!

Waspadai! Ini Dia Tips Rahasia Mengamankan Rumah Saat Mudik, Jangan Sampai Rumah Anda Jadi Incaran Maling!

WartaJatim.co.id, 24 Juni 2023 – Musim liburan telah tiba, dan banyak dari kita merencanakan perjalanan yang menyenangkan untuk mudik. Namun, dalam kegembiraan mempersiapkan liburan, kita sering lupa memikirkan keamanan rumah yang ditinggalkan. Bagaimana kita bisa menjaga rumah aman saat kita pergi? Ini adalah beberapa Tips Mengamankan Rumah atau saran yang dapat Anda gunakan untuk mengamankan rumah saat sedang mudik.

 

Pasang Sistem Keamanan:

Investasikan dalam sistem keamanan yang baik, seperti kamera CCTV atau sistem alarm rumah, karena mereka dapat memberikan perlindungan tambahan dan memberi Anda peringatan jika terjadi kejadian yang mencurigakan di rumah Anda.

Tidak Memberitahukan Kehadiran Anda di Media Sosial:

Hindari mengungkapkan rencana perjalanan Anda di media sosial sebelum Anda benar-benar pergi karena ini dapat memberi tahu orang yang tidak diinginkan bahwa rumah Anda kosong, yang meningkatkan risiko kejahatan.

Meminta Bantuan Tetangga atau Keluarga:

Jika Anda pikir Anda akan meninggalkan rumah, beritahu mereka dan minta mereka menjaga rumah Anda. Mereka dapat membantu melihat apa yang terjadi di sekitar rumah Anda dan mengambil tindakan jika ada hal yang mencurigakan.

Timer Lampu Otomatis:

Gunakan timer lampu otomatis yang dapat menghidupkan dan mematikan lampu secara otomatis di berbagai ruangan rumah Anda. Ini akan memberikan kesan bahwa rumah Anda tidak kosong dan membuat orang yang mencurigakan enggan mendekat.

Menghentikan Langganan Surat atau Pengiriman Paket:

Sementara Anda pergi, beri tahu layanan pos atau kurir untuk menghentikan pengiriman surat atau paket ke rumah Anda. Tumpukan surat atau paket yang terlihat dapat menunjukkan bahwa rumah sedang kosong.

Baca Juga  Guru SMAN 7 Rejang Lebong Dikatapel Orangtua Murid Karena Tegur Siswa Merokok di Sekolah

Jaga Kebersihan dan Kerapihan:

Sebelum pergi, pastikan rumah terlihat terawat dan teratur. Rumah yang terlihat di tinggalkan dan tidak terawat dapat menarik perhatian pencuri.

Menghubungkan dengan Sistem Keamanan Jarak Jauh:

Jika Anda memiliki sistem keamanan yang terhubung dengan ponsel pintar Anda, pastikan untuk mengaktifkannya dan memeriksa status keamanan rumah secara teratur selama perjalanan.

Jangan Meninggalkan Barang Berharga Terlihat:

Simpan barang berharga Anda dengan aman atau pindahkan mereka ke tempat penyimpanan yang lebih aman. Jangan biarkan barang-barang berharga terlihat dari luar rumah Anda.

Tetap Menghubungkan dengan Tetangga atau Penjaga Rumah:

Jika Anda memiliki tetangga atau penjaga rumah yang dapat memantau rumah Anda secara berkala, tetap berkomunikasi dengan mereka selama perjalanan Anda untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik.

 

Dengan mengikuti Tips Mengamankan Rumah di atas, Anda dapat meningkatkan keamanan rumah saat sedang mudik dan menikmati liburan dengan pikiran yang tenang. Jaga rumah Anda tetap aman dan kembalilah dengan kenangan indah tanpa kekhawatiran.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)