Waspadai Kembali Peningkatan Kasus Covid-19: Langkah-langkah Hati-hati dan Protokol Kesehatan Perlu Ditingkatkan

Waspadai Kembali Peningkatan Kasus Covid-19: Langkah-langkah Hati-hati dan Protokol Kesehatan Perlu Ditingkatkan
Waspadai Kembali Peningkatan Kasus Covid-19: Langkah-langkah Hati-hati dan Protokol Kesehatan Perlu Ditingkatkan

Dalam merespons peningkatan kasus Covid-19 di tanah air, kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan sehari-hari perlu ditingkatkan kembali. Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, menekankan perlunya mengambil sejumlah langkah kehati-hatian agar penyebaran kasus Covid-19 tidak meluas.

Lestari Moerdijat mengatakan, “Di masa liburan akhir tahun ini, menunda bepergian ke negara-negara dengan kasus Covid-19 yang tinggi dan kembali menerapkan protokol kesehatan merupakan langkah yang bijaksana.” Pernyataan ini disampaikan dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (7/12/2023).

Catatan Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa setelah Singapura, Malaysia, dan Filipina, Indonesia juga mengalami peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan. Awalnya, tercatat 30 sampai 40 kasus dalam seminggu, namun saat ini kasus mingguan mencapai 267 pasien pada periode 28 November hingga 2 Desember 2023.

Menurut Lestari, sikap waspada tidak hanya diharapkan dari masyarakat, tetapi juga dari para pemangku kebijakan. Terutama, saat liburan akhir tahun ini, potensi pergerakan orang dari satu wilayah ke wilayah atau antarnegara berpotensi meningkat.

Rerie, sapaan akrab Lestari, menambahkan bahwa pergerakan orang dari negara-negara dengan kasus Covid-19 yang tercatat meningkat harus diwaspadai dengan mewajibkan penerapan protokol kesehatan. Selain itu, anggota Majelis Tinggi Partai NasDem tersebut juga mengingatkan untuk peningkatan kewaspadaan bagi masyarakat yang memiliki komorbid, di tengah terjadinya peningkatan kasus Covid-19 saat ini.

Sosialisasi terkait upaya pencegahan, menurut Rerie, diperlukan untuk meningkatkan kembali kepedulian masyarakat agar tetap menerapkan pola hidup sehat dan konsisten melakukan protokol kesehatan sebagai sebuah kenormalan baru. (*)

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)