Rendra Masdrajad Safaat

Xavi Menyatakan Kurangnya Motivasi Sebagai Alasan Kekalahan Barcelona Melawan Valladolid

Barcelona

Wartajatim.co.id, 24 Mei 2023 – Xavi Hernandez, pelatih Barcelona, menyatakan bahwa timnya mengalami kekalahan 1-3 di markas Real Valladolid karena kurangnya motivasi. Meskipun Barcelona telah memastikan gelar juara Liga Spanyol, Blaugrana tetap berlaga dalam pertandingan ini.

Kekalahan ini merupakan yang kedua secara beruntun bagi Barcelona, setelah sebelumnya mereka juga kalah dari Real Sociedad dengan skor 1-2. Kedua kekalahan tersebut terjadi setelah klub yang berbasis di Camp Nou memastikan diri sebagai juara musim ini, sembilan hari yang lalu.

Internship Warta Jatim

Setelah pertandingan melawan Real Valladolid, Xavi Hernandez mengakui bahwa motivasi timnya telah menurun sejak mereka meraih gelar juara liga.

“Sulit bagi kami untuk mempersiapkan pertandingan-pertandingan ini, karena sekarang tujuan telah tercapai. Hasil ini adalah hasil dari kurangnya ketegangan kami, tetapi kami tetap mencoba. Kami memiliki peluang bersih di babak pertama, tetapi kami kalah di babak kedua,” ujar Xavi.

Barcelona akan menghadapi Mallorca pada pertandingan berikutnya sebelum mereka mengakhiri musim dengan melawan Celta Vigo akhir pekan depan. Xavi akan memotivasi timnya untuk memperbaiki performa mereka dalam dua pertandingan terakhir.

Kemenangan Barcelona di Stadion José Zorrilla membuat Valladolid keluar dari zona degradasi. Dengan kemenangan ke-11 ini, tim yang dimiliki oleh mantan pemain Timnas Brasil, Ronaldo, berada di posisi ke-17, satu tingkat di atas zona degradasi.

Di bawah asuhan Paulo Pezzolano, tim ini mengumpulkan 38 poin dari 36 pertandingan, unggul tiga poin dari Getafe yang menempati peringkat teratas zona degradasi.

Namun, klub yang berbasis di Castilla y León ini belum aman dari ancaman degradasi karena Getafe baru akan memainkan pertandingan ke-36 mereka melawan Real Betis pada Rabu (25/5/2023) dini hari WIB

Baca Juga  Sandrinna Michelle, Gaya Pacaran Bak Suami Istri, Ibunda Khawatir

Bagi Barcelona, kekalahan kelima ini tidak memiliki dampak pada status mereka sebagai juara La Liga musim ini. Mereka tetap kokoh di posisi pertama dengan mengumpulkan 85 poin dari 36 pertandingan.

Atletico Madrid menduduki posisi kedua dengan total 72 poin, unggul satu poin dari rival sekotanya, Real Madrid.

Dalam pertandingan di kandang, Valladolid menggunakan formasi 4-3-3. Pelatih Pezzolano menempatkan Gonzalo Plata, Cyle Larin, dan Darwin Machis sebagai trio penyerang.

Di lini tengah, terdapat Oscar Plano, Roque Mesa, dan Alvaro Aguado. Sedangkan di lini belakang, mereka memiliki Ivan Fresneda Corraliza, Joaquin Fernandez, Javi Sanchez, dan Lucas Olaza. Mereka semua berperan sebagai penjaga bagi kiper Jordi Masip.

Sementara itu, tim tamu Barcelona juga menggunakan formasi 4-3-3. Xavi Hernandez menempatkan Pablo Torre Carral, Robert Lewandowski, dan Raphinha sebagai penyerang utama. Trio ini didukung oleh Gavi, Eric Garcia, dan Frenkie De Jong di lini tengah.

Marcos Alonso dan Andreas Christensen bekerja sama dalam menjaga pertahanan, didukung oleh Alejandro Balde di sisi kiri dan Sergi Roberto di sisi kanan. Marc-Andre ter Stegen tetap menjadi penjaga gawang Barcelona.

Valladolid berhasil unggul dalam waktu dua menit setelah pertandingan dimulai. Bek tengah Christensen secara tidak sengaja mencetak gol bunuh diri ketika berusaha untuk menjaga area pertahanannya, membuat Blaugrana tertinggal 0-1.

Dua puluh menit kemudian, tuan rumah memperbesar keunggulan melalui tendangan penalti yang dieksekusi oleh striker asal Kanada, Cyle Larin. Wasit memberikan penalti setelah Eric Garcia melanggar Gonzalo Plata di kotak penalti.

Wasit melakukan pemeriksaan VAR untuk memastikan keputusan penalti ini. Larin maju sebagai penalti taker dan berhasil mengelabui kiper Ter Stegen dengan tendangan kaki kanannya.

Baca Juga  Menemukan Inspirasi Dalam Style Wanita Berhijab

Masuk ke babak kedua, Valladolid kembali mencetak gol pada menit ke-73 melalui Plata. Penyerang asal Ekuador ini berhasil mencetak gol setelah menerima umpan dari Larin.

Barcelona baru berhasil memperkecil ketertinggalan enam menit sebelum waktu normal berakhir. Robert Lewandowski menambah golnya di La Liga setelah memanfaatkan umpan dari De Jong.

Dalam pertandingan lainnya, Real Sociedad mengalahkan Almeria berkat gol dari Take di akhir babak pertama. Sementara itu, Celta Vigo bermain imbang 1-1 melawan tamunya, Girona.

Media Partner Warta Jatim