Berita  

XL Axiata Peduli x Sisternet Dukung Efektivitas Pemanfaatan Modal UMKM Perempuan di Kota Malang

XL Axiata Peduli UMKM Perempuan
XL Axiata Peduli UMKM Perempuan

Malang, 6 November 2023 – Hari ini, XL Axiata bekerja sama dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia telah sukses menyelenggarakan program berjudul “Dukung Efektivitas Pemanfaatan Modal UMKM Perempuan” sesi pertama. Program ini telah menjadi bagian dari upaya perusahaan berbasis teknologi, XL Axiata, dalam mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Perempuan.

Program ini terdiri dari tiga sesi kelas offline yang diselenggarakan di Ubud Hotel & Cottage Kota Malang. Berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 November 2023. Selama tiga hari ini, peserta akan diberikan materi yang berharga, melibatkan tiga narasumber terkemuka, serta melibatkan mitra komunitas UMKM dan 27 peserta terpilih melalui mitra komunitas.

Sesi pertama yang digelar pada pukul 09.00 pagi  dibuka dengan sambutan pertama yang disampaikan oleh Bapak Dodik Ariyanto, Group Head East Region XL Axiata. Beliau menyampaikan bahwa literasi digital dan kemampuan dalam menghadapi perubahan digital adalah hal yang sangat penting dalam mendukung efektivitas pemanfaatan modal UMKM Perempuan. XL Axiata pun berkomitmen dalam menjalankan program “XL Axiata Peduli” ini.

“Pada 2045 mendatang, UMKM akan jadi bagian dari kekuatan ekonomi kita. Bisnis harus di manage by sistem, untuk itu XL axiata dengan XL peduli & sisternet menggandeng 27 UMKM Perempuan agar bisa tahu penataan keuangan, bagaimana tentang packaging produk, serta marketing”, ujar Dodik Ariyanto.

Sambutan kedua datang dari Staf Ahli Walikota Kota Malang, Drs. Alie Muliyanto, M.M,. Beliau menekankan pentingnya kegiatan semacam ini dalam meningkatkan kompetensi individu, termasuk kelompok UMKM Perempuan, dalam menghadapi perubahan zaman.

XL Axiata Peduli x Sisternet Dukung Efektivitas Pemanfaatan Modal UMKM Perempuan di Kota Malang
Peserta XL Axiata Peduli x Sisternet UMKM Perempuan di Kota Malang (foto dok. Ani Ivon)

Drs. Alie Muliyanto, M.M, mengungkapkan, “Digital itu suatu keniscayaan, tidak bisa kita hindari, dan Permasalahan UMKM, tentunya berkaitan dengan perizinan, permodalan, proses, produksi dan promosi. Maka kita harus bekerja bersama-sama untuk sistem dan ekosistem.”

Setelah sesi sambutan, Bapak Alie Muliyanto dan Bapak Dodik Ariyanto bersama-sama melakukan seremoni pembukaan program “Dukung Efektivitas Pemanfaatan Modal UMKM Perempuan.”

Acara tersebut juga mencakup seremonial penyerahan bantuan modal kepada salah satu perwakilan UMKM Perempuan. Sebelum acara berakhir, mereka berfoto bersama dengan semua peserta yang hadir.

Materi hari pertama disampaikan oleh Shanti Maya, pemateri yang membawakan topik “Mindset Entrepreneur”. Shanti Maya menyoroti tantangan mindset dan mental wirausaha yang dihadapi oleh pelaku UMKM Perempuan dalam menghadapi perkembangan teknologi digital.

Peningkatan literasi digital dianggap kunci bagi kesuksesan dan pertumbuhan bisnis mereka. Pemilik UMKM, terutama perempuan, perlu memiliki keterampilan dalam memanfaatkan platform digital untuk menyampaikan ide dan pesan edukasi kepada publik.

Santi juga mengajak para pelaku UMKM perempuan untuk memiliki mindset dan mental wirausaha dengan penjualan yang tepat. “KIta perlu memiliki mindset bertumbuh,” tegas Santi.

Tujuannya adalah untuk memperkuat peran serta dan kontribusi pelaku UMKM dalam meningkatkan kompetensi UMKM Perempuan serta mendukung transformasi digital bagi usaha mikro di Kota Malang.

Pihak penyelenggara pun juga menyampaikan untuk konteks pembelajaran online, literasi digital menjadi sorotan utama. Pada Pekan 3 dan 4, peserta akan meninjau tugas literasi keuangan dan strategi usaha mikro. Di samping itu, kompetisi kelompok dan individu akan digelar dengan hadiah pulsa sebagai bentuk penghargaan.

keseruan acara (dok.Niken)
keseruan acara (dok.Niken)

Pada bulan Desember 2023, kegiatan pembelajaran online akan mencakup evaluasi akun ecommerce dan tugas konten digital ecommerce. Kompetisi kelompok dan individu tetap akan diselenggarakan dengan hadiah pulsa sebagai bentuk penghargaan.

Selama seluruh rangkaian kegiatan ini, narasumber dan fasilitator seperti Tyas dan Fawwaz Ibrahim akan memberikan pengetahuan dan panduan kepada peserta. Para peserta juga akan didampingi oleh Fasilitator dan Co-fasilitator.

Dengan demikian, literasi digital menjadi suatu hal yang sangat penting dalam menghadapi era digitalisasi yang terus berkembang. Dengan program XL Axiata Peduli x SIsternet, diharapkan dapat mendukung efektivitas pemanfaatan modal UMKM perempuan kota Malang.

SEOptimized by Pakar Seo Indonesia