Rendra Masdrajad Safaat

5 Cara Hadapi Teman atau Pasangan Yang Overthinking

cara menghadapi teman atau pasangan yang overthinking

WartaJatim.co.id, 7 Juli 2023 – Gimana yaa cara menghadapi teman atau pasangan yang overthinking? Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui lima cara yang efektif untuk menghadapi teman atau pasangan yang cenderung overthinking.

Pada suatu titik dalam kehidupan, kita semua mungkin pernah mengalami situasi di mana kita harus berhadapan dengan seseorang yang cenderung overthinking atau terlalu banyak berpikir.

Internship Warta Jatim

Overthinking dapat mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang, termasuk hubungan interpersonal dengan teman atau pasangan mereka.

Dengan memahami dan menerapkan strategi ini, kita dapat membantu mereka mengatasi kecenderungan tersebut dan membangun hubungan yang lebih sehat dan harmonis.

1. Pahami Dengan Empati

Pertama-tama, dalam menghadapi teman atau pasangan yang overthinking adalah dengan memahami dan menyadari perasaan mereka.

Cobalah untuk melihat situasi dari perspektif mereka dan berempati dengan perasaan yang mereka alami. Disamping itu, jangan mengabaikan atau meremehkan kekhawatiran mereka, tetapi tunjukkan pengertian dan kepedulian.

Baca Juga: Bahayanya Haus Validasi Bagi Kesehatan Mental Kita!

2. Dorong Komunikasi Terbuka

Disisi lain, komunikasi yang terbuka dan jujur adalah kunci untuk mengatasi masalah overthinking. Dorong teman atau pasangan Anda untuk berbicara dengan Anda tentang kekhawatiran mereka.

Bagaimanapun juga, buatlah waktu khusus untuk mendengarkan mereka dengan penuh perhatian dan tanpa menghakimi. Berikan dukungan dan tanggapan yang konstruktif, dan hindari menyalahkan atau mengkritik mereka.

3. Tawarkan Dukungan Emosional

Setelah itu, overthinking seringkali dipicu oleh ketidakamanan emosional. Dukungan emosional yang kuat dapat membantu teman atau pasangan Anda merasa lebih aman dan nyaman.

Baca Juga  Mengurai Pengakuan Billie Eilish Kecanduan Pornografi Sejak Usia SD dan Implikasinya pada Kesehatan Otak

Berikan dukungan dan dorongan positif, dan pastikan mereka tahu bahwa Anda selalu ada di samping mereka. Bantu mereka mengenali kekuatan mereka sendiri dan ajak mereka untuk fokus pada hal-hal positif dalam hidup.

4. Ajak Mereka Untuk Mengalihkan Perhatian

Secara umum, salah satu cara efektif untuk mengatasi overthinking adalah dengan mengalihkan perhatian dari pikiran negatif.

Ajak teman atau pasangan Anda untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan atau hobi yang mereka sukai. Bermain game bersama, menonton film, atau berolahraga bersama dapat membantu mengalihkan perhatian mereka dan mengurangi kecenderungan overthinking.

Baca Juga: 7 Manfaat Stimulasi Musikal pada Anak Sedini Mungkin

5. Bantu Mereka Mengembangkan Kebiasaan Positif

Selain itu, bantu teman atau pasangan Anda mengembangkan kebiasaan positif yang dapat membantu mengatasi overthinking. Dorong mereka untuk berlatih meditasi, yoga, atau relaksasi lainnya.

Berbagi teknik manajemen stres yang telah Anda temukan efektif dapat membantu mereka menghadapi kekhawatiran dengan lebih baik.

Dalam hal yang serupa, ingatkan mereka bahwa perubahan membutuhkan waktu dan kesabaran, dan tawarkan dukungan Anda dalam proses ini.

Kesimpulannya, menghadapi teman atau pasangan yang overthinking membutuhkan pemahaman, komunikasi yang baik, dan dukungan emosional.

Dengan mempraktikkan cara-cara di atas, kita dapat membantu mereka mengatasi overthinking dan membangun hubungan yang lebih sehat.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki perjuangan dan kekhawatiran mereka sendiri, dan kita dapat berperan sebagai sumber dukungan dan inspirasi bagi mereka.

Media Partner Warta Jatim