Rendra Masdrajad Safaat

Manfaat Rutin Face Yoga: Rahasia Awet Muda Tanpa Metode Botox!

manfaat rutin face yoga

WartaJatim.co.id, 23 Juni 2023 – Halo healty people! Pastinya setiap orang memiliki impian untuk memiliki wajah yang awet muda. Banyak metode yang bisa Anda coba untuk meraihnya, dan salah satunya adalah dengan rutin melakukan Face Yoga. Ketahui manfaat rutin face yoga, simak sampai akhir!

Metode alami ini telah terbukti efektif dalam menjaga keindahan kulit tanpa harus menggunakan metode invasif seperti Botox. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui manfaat rutin Face Yoga dan bagaimana cara melakukannya dengan benar.

Internship Warta Jatim

Apa itu Face Yoga?

Face Yoga merupakan serangkaian latihan wajah yang dirancang untuk memperkuat otot-otot wajah, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan. Latihan ini melibatkan gerakan-gerakan khusus yang ditargetkan pada area-area tertentu di wajah.

Manfaat Face Yoga untuk Kulit Wajah

1. Meningkatkan Elastisitas Kulit Wajah

Dengan melakukan rutin Face Yoga, otot-otot wajah akan menjadi lebih kuat dan elastis. Hal ini akan membantu menjaga kekencangan kulit, sehingga wajah terlihat lebih muda dan bebas kerutan.

2. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Salah satu manfaat utama dari Face Yoga adalah kemampuannya untuk mengurangi garis halus dan kerutan di wajah. Gerakan-gerakan khusus dalam Face Yoga dapat merangsang produksi kolagen dan elastin, yang penting untuk menjaga kekenyalan kulit.

Baca Juga  Kurangi Risiko Magh atau GERD dengan Rutin Konsumsi Nutriflakes

Baca Juga: Mencegah Alzheimer Sejak Dini Untuk Masa Tua Yang Lebih Sehat

3. Memperkuat Otot-Otot Wajah

Otot-otot wajah yang lemah dapat menyebabkan kulit kendur dan keriput. Dengan melakukan latihan Face Yoga secara rutin, otot-otot wajah akan diperkuat dan mengencang. Hal ini akan membantu mengangkat wajah dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

4. Meningkatkan Peredaran Darah di Wajah

Gerakan-gerakan dalam Face Yoga juga dapat meningkatkan peredaran darah di wajah. Dengan meningkatnya sirkulasi darah, nutrisi dan oksigen akan lebih mudah mencapai sel-sel kulit, sehingga kulit terlihat lebih sehat dan bercahaya.

5. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Kulit

Face Yoga juga melibatkan perawatan kulit secara menyeluruh, termasuk pembersihan wajah dan pemijatan. Dengan rutin membersihkan dan merawat kulit wajah, Anda dapat menjaga kebersihan kulit dan mencegah masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

Langkah-langkah Face Yoga

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari Face Yoga, Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang benar. Berikut adalah langkah-langkah dasar dalam melakukan Face Yoga:

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan Face Yoga, pastikan wajah Anda bersih dan bebas dari make-up. Bersihkan wajah dengan lembut menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Pemanasan

Sebelum memulai latihan Face Yoga, lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mempersiapkan otot-otot wajah. Pemanasan dapat dilakukan dengan menggosokkan tangan Anda dan memijat wajah secara lembut.

3. Latihan Pengencangan Wajah

Setelah pemanasan, lanjutkan dengan latihan pengencangan wajah. Gerakan-gerakan seperti mengangkat alis, merapatkan bibir, dan mengangkat pipi dapat membantu mengencangkan otot-otot wajah.

4. Latihan Relaksasi dan Peregangan Wajah

Setelah melakukan latihan pengencangan, lakukan latihan relaksasi dan peregangan wajah. Gerakan-gerakan seperti menggelengkan kepala, mengedipkan mata, dan menggerakkan mulut dapat membantu mengurangi ketegangan dan merilekskan otot-otot wajah.

Baca Juga  Kerennya Iklan Marjan Muncul Sambut Ramadhan 2024, Netizen: PH Berkedok Pabrik Sirup

Baca Juga: 8 Gaya Hidup Yang Membuat Kita Terhindar Dari Penyakit Ginjal

Contoh gerakan Face Yoga yang dapat Anda coba

1. Mengencangkan Alis:

  • Letakkan jari tengah pada bagian tengah alis.
  • Tekan alis ke bawah dengan lembut sambil menahan resistensi dengan jari.
  • Tahan selama beberapa detik dan lepaskan perlahan.

2. Mengecilkan Hidung:

  • Letakkan ibu jari di pangkal hidung.
  • Tekan hidung ke samping dengan lembut menggunakan ibu jari.
  • Tahan selama beberapa detik dan ulangi di sisi lain.

3. Memperkuat Pipi:

  • Tersenyumlah lebar sambil menjulurkan bibir ke depan.
  • Tempatkan jari-jari di atas pipi dan gunakan otot pipi untuk melawan tekanan jari.
  • Tahan selama beberapa detik dan lepaskan perlahan.

4. Mengencangkan Leher:

  • Duduk tegak dengan bahu rileks.
  • Putar kepala ke arah kanan sambil menatap ke belakang.
  • Tahan selama beberapa detik dan ulangi di sisi lain.

5. Menghaluskan Dahi:

  • Letakkan kedua telapak tangan di atas dahi.
  • Dorong dahi ke atas sambil memberikan resistensi dengan tangan.
  • Tahan selama beberapa detik dan lepaskan perlahan.

Pastikan Anda melakukan gerakan-gerakan ini dengan lembut dan tanpa menimbulkan rasa sakit. Lakukan secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari Face Yoga.

Seperti halnya metode perawatan kulit lainnya, hasil Face Yoga tidak akan terlihat secara instan. Diperlukan waktu dan konsistensi untuk melihat perubahan pada kulit wajah. Bersabarlah dan teruslah melakukannya dengan rutin.

Media Partner Warta Jatim