Pungutan Liar Ketika Tilang Manual Terjadi? Lapor Ke Sini!

Pungutan Liar
Illustrasi jalanan

WartaJatim.co.id, 17 Mei 2023 – Pada saat berkendara di jalan raya, mungkin Anda pernah mengalami situasi yang tidak menyenangkan, seperti tilang manual yang dilakukan oleh oknum yang melakukan pungutan liar.

Praktik pungutan liar semacam ini tidak hanya merugikan secara finansial, tetapi juga merusak kepercayaan kita terhadap penegak hukum.

Untuk itu, penting bagi kita sebagai warga negara yang bertanggung jawab untuk melaporkan praktik tilang manual ini. Berikut adalah panduan lengkap untuk melaporkan praktik pungutan liar agar kita dapat menjaga keadilan di jalan raya.



  1. Mengenali Tanda-tanda Tilang Manual

Sebelum melaporkan praktik pungutan liar, kita harus bisa mengenali tanda-tanda tilang manual yang mungkin terjadi.

Beberapa tanda yang perlu diperhatikan adalah petugas yang tidak menggunakan alat tilang resmi, permintaan uang damai yang tidak sesuai prosedur, atau penahanan kendaraan tanpa alasan yang jelas. Dengan memahami tanda-tanda ini, kita dapat lebih waspada dan siap untuk melaporkannya.

  1. Mencatat Bukti-bukti yang Kuat

Langkah pertama dalam melaporkan tilang manual adalah mengumpulkan bukti-bukti yang kuat. Simpan catatan mengenai waktu, tempat, dan kronologi kejadian secara detail. Selain itu, jika memungkinkan, ambil foto atau rekam video sebagai bukti visual yang dapat memperkuat laporan Anda. Semakin lengkap dan jelas bukti yang Anda miliki, semakin besar peluang untuk mendapatkan keadilan.

  1. Menghubungi Pihak Berwenang

Setelah mengumpulkan bukti-bukti yang cukup, langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak berwenang.

Anda dapat menghubungi kepolisian setempat atau pergi ke kantor polisi terdekat untuk melaporkan praktik pungutan liar yang Anda alami.

Sampaikan kronologi kejadian secara objektif dan tunjukkan bukti-bukti yang telah Anda kumpulkan. Pihak berwenang akan memproses laporan Anda dan mengambil tindakan sesuai dengan hukum yang berlaku.

  1. Berkoordinasi dengan Komunitas dan Organisasi Advokasi

Selain melaporkan ke pihak berwenang, penting untuk berkoordinasi dengan komunitas atau organisasi advokasi yang peduli dengan isu pungli di jalan raya.

Mereka dapat memberikan bantuan hukum, nasihat, dan dukungan moral dalam menghadapi kasus tilang manual.

Bersama-sama, kita dapat memperkuat suara dan mengadvokasi perubahan yang lebih baik dalam penegakan hukum di jalan raya.

  1. Tetap Tenang dan Jaga Keselamatan

Dalam situasi tilang manual, penting untuk tetap tenang dan menjaga keselamatan diri sendiri. Hindari menghadapi oknum yang meminta uang secara langsung atau melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri Anda.

Prioritaskan keselamatan Anda dan segera laporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang. Dengan tetap tenang dan berpegang pada prinsip keadilan, kita dapat mengatasi praktik pungutan liar dengan cara yang benar.

  1. Ikuti Proses Hukum Secara Teliti

Setelah melaporkan tilang manual, ikuti proses hukum dengan cermat. Pastikan Anda mendapatkan informasi mengenai kemajuan kasus dan berpartisipasi dalam setiap tahap yang diperlukan.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan pengacara atau ahli hukum jika diperlukan, agar Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memperoleh keadilan.

Dalam menghadapi praktik tilang manual dan pungutan liar, penting bagi kita untuk tetap teguh dalam melawan ketidakadilan.

Melaporkan praktik pungutan liar adalah langkah awal yang penting untuk memerangi korupsi dan menjaga keadilan di jalan raya. Dengan mengetahui tanda-tanda tilang manual, mengumpulkan bukti yang kuat, menghubungi pihak berwenang, dan berkoordinasi dengan komunitas yang peduli, kita dapat membuat perubahan yang positif.

Tetaplah tenang, berpegang pada prinsip keadilan, dan bersama-sama kita bisa menghapus praktik pungutan liar dari jalan raya kita.



*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)