Rendra Masdrajad Safaat

Steven Gerrard Siap Menjadi Pelatih Al Ettifaq

Steven Gerrard

WartaJatim.co.id 04 Juli 2023 – Pelatih asal Inggris, Steven Gerrard, resmi menangani klub Al Ettifaq di Arab Saudi dengan kontrak dua tahun hingga 2025.

Gerrard mengambil alih posisi pelatih Al Ettifaq setelah Patrice Carteon dipecat pada bulan Februari, dan Antonio Cazorla menjadi pelatih sementara hingga akhir musim 2022/2023.

Internship Warta Jatim

Pengumuman penandatanganan kontrak Steven Gerrard sebagai pelatih Al Ettifaq Club telah dibuat melalui laman resmi klub pada hari Selasa. Upacara penandatanganan kontrak dilaksanakan pada hari Senin waktu setempat di sebuah hotel di London, Inggris, dengan kehadiran Presiden Al Ettifaq, Khaled Al-Dabal. Khaled Al-Dabal menyampaikan kebahagiannya dapat mendatangkan pelatih muda yang juga merupakan legenda Liverpool FC tersebut.

Menurut Khaled Al-Dabal, kehadiran Gerrard yang berusia 43 tahun akan meningkatkan kualitas Liga Arab Saudi, setelah sebelumnya liga tersebut mendatangkan pemain-pemain top dunia seperti Cristiano Ronaldo, N’Golo Kante, Karim Benzema, dan Kalidou Koulibaly. Ia menyatakan bahwa kedatangan Gerrard sebagai pelatih Inggris pertama yang bekerja di Liga Arab Saudi tanpa diragukan lagi akan memberikan kontribusi besar bagi liga tersebut.

Al Ettifaq finis di posisi ketujuh pada musim 2022/2023 dengan 37 poin, terpaut 35 poin dari juara, Al Ittihad. Poin tersebut diperoleh melalui 10 kemenangan, tujuh kali imbang, dan 13 kekalahan.

Selama karir kepelatihan profesionalnya, Gerrard telah melatih dua klub, yaitu Rangers dan Aston Villa. Bersama Rangers, ia meraih kesuksesan dengan membawa klub tersebut menjadi juara pada musim 2020/2021 tanpa menelan kekalahan. Pada saat itu, Rangers mengumpulkan 102 poin dari 32 kemenangan dan enam kali imbang. Secara keseluruhan bersama Rangers, Gerrard meraih 124 kemenangan, 41 kali imbang, dan 27 kekalahan sejak memulai melatih pada bulan Juni 2018.

Baca Juga  Kenikmatan berbuka puasa di Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang

Performa gemilangnya pada musim terakhir bersama Rangers membuat Aston Villa merekrutnya pada bulan November 2021. Namun, kesuksesannya bersama Rangers tidak terulang di Aston Villa, karena hanya mampu menempati posisi ke-14 di Liga Inggris pada musim 2021/2022, dan akhirnya dipecat pada bulan Oktober 2022 setelah serangkaian hasil buruk. Bersama Aston Villa, Gerrard hanya mencatatkan 13 kemenangan, delapan kali imbang, dan 19 kekalahan di semua kompetisi.

Media Partner Warta Jatim