Fakta Negara Kamboja, Peraih Medali Perak Pada Cabor Voli SEA Games 2023

Angkor Wat, bangunan keagamaan terbesar di dunia yang ada di Kamboja
Angkor Wat, bangunan keagamaan terbesar di dunia yang ada di Kamboja

WartaJatim.co.id, 09 Mei 2023 – Pada tahun 2023, negara Kamboja akan menjadi tuan rumah SEA Games 2023. Sebagai negara yang kaya akan sejarah dan budaya,

Kamboja berjanji akan menyelenggarakan SEA Games 2023 yang spektakuler dan mengesankan.

Yuk intip fakta unik dari negara Kamboja yang sempat dikalahkan oleh tim Voli Putra Indonesia pada final SEA Games 2023 yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang-orang di luar negeri.

  1. Sejarah Angkor Wat

Angkor Wat adalah kuil Hindu terbesar di dunia yang terletak di Kamboja. Kuil ini dibangun pada abad ke-12 sebagai kuil bagi Dewa Wisnu. Angkor Wat menjadi tempat wisata yang populer dan menjadi situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1992. Kuil ini juga menjadi simbol Kamboja pada bendera negaranya.

  1. Bahasa Khmer

Bahasa Khmer adalah bahasa resmi Kamboja dan merupakan bahasa Mon-Khmer yang berkaitan dengan bahasa Vietnam. Bahasa Khmer juga digunakan di negara-negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand. Aksara Khmer dianggap sebagai salah satu aksara yang paling rumit di dunia.

  1. Tarian Apsara

Tarian tradisional Kamboja yang sangat menawan dan lembut. Tarian ini biasanya dipentaskan dalam upacara keagamaan dan merupakan tarian kebesaran di Kamboja. Tarian ini menggambarkan Dewi-dewi Khmer dan dikenal karena gerakan tangan dan kaki yang halus.

  1. Pemandangan Danau Tonle Sap

Danau Tonle Sap adalah danau terbesar di Asia Tenggara dan juga menjadi sumber air tawar yang penting di Kamboja. Danau ini memiliki area yang sangat besar dan menjadi tempat berbiaknya ikan-ikan yang penting bagi ekonomi Kamboja.

  1. Industri Garam

Kamboja juga memiliki industri garam yang cukup besar. Industri ini berkembang pesat sejak awal tahun 2000-an dan terletak di dekat Danau Tonle Sap. Kamboja menghasilkan garam yang berkualitas tinggi dan diekspor ke berbagai negara di dunia.

Baca Juga  Wall Street dan IHSG Saling Menguat, Berita Saham Hari Ini!

6. Makanan Khas Kamboja

Makanan khas Kamboja sangat beragam dan memiliki cita rasa yang unik. Beberapa makanan khas Kamboja yang terkenal di antaranya adalah Amok (ikan kukus dengan bumbu santan), Lok Lak (daging sapi goreng dengan saus merah), dan Khmer Red Curry (kari merah dengan daging dan sayuran).

7. Rambut Palsu

Di Kamboja, rambut palsu menjadi tren fashion yang cukup populer di kalangan wanita. Banyak toko-toko yang menjual rambut palsu dengan berbagai warna dan panjang.

8. Angka Keberuntungan

Kamboja adalah salah satu negara di Asia yang sangat mempercayai angka keberuntungan. Angka 7 dianggap sebagai angka yang membawa keberuntungan di Kamboja dan sering digunakan dalam berbagai upacara keagamaan.

9. Festival Pchum Ben

Festival Pchum Ben adalah festival agama Buddha yang dirayakan di Kamboja. Festival ini merupakan saat untuk menghormati orang yang telah meninggal dunia dan berlangsung selama 15 hari. Selama festival ini, masyarakat Kamboja memasak makanan khas dan memberikan sesaji kepada arwah leluhur mereka.

10. Industri Tekstil

Industri tekstil menjadi salah satu sektor penting di Kamboja dan menyumbang sebagian besar ekspor negara ini. Banyak pabrik tekstil yang terletak di sekitar kota Phnom Penh dan mampu memproduksi pakaian dengan harga yang terjangkau.

11. Kerajinan Perak dan Emas

Kamboja juga terkenal dengan kerajinan perak dan emas yang berkualitas tinggi. Kerajinan perak dan emas ini dibuat dengan tangan oleh pengrajin lokal dan memiliki desain yang unik.

12. Baju Kurung Kamboja

Baju Kurung Kamboja adalah busana tradisional Kamboja untuk wanita. Terdiri dari kain lurik yang dilengkapi dengan kerah dan lengan yang longgar. Busana ini sering dipakai pada acara-acara resmi dan upacara keagamaan.

Baca Juga  Liga Italia: Inter Pesta Gol, Milan Kalah Poin

13. Pemandangan Pantai

Meskipun Kamboja lebih terkenal dengan situs-situs bersejarahnya, negara ini juga memiliki pantai yang indah. Pantai Sihanoukville dan Koh Rong adalah dua pantai terkenal di Kamboja yang menawarkan pemandangan yang spektakuler.

14. Bunga Nasional Kamboja

Bunga nasional Kamboja adalah bunga Angrek biru atau Angrek Raja. Bunga ini sering dipakai pada upacara keagamaan dan dianggap sebagai simbol kebanggaan bagi masyarakat Kamboja.

Itulah beberapa fakta unik tentang Kamboja yang dikalahkan Indonesia pada bidang Voli Putra SEA Games tahun 2023.

Kamboja memang memiliki banyak hal yang menarik untuk dijelajahi dan dipelajari. Dengan begitu banyak sejarah, budaya, dan keindahan alam, Kamboja adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Meskipun Indonesia berhasil mengalahkan Kamboja pada SEA Games tahun 2023, tetapi kedua negara tersebut memiliki potensi dan keunikan masing-masing yang patut diapresiasi.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)