GoTo dan TikTok Resmi Jalin Kemitraan Strategis Demi Kemajuan UMKM Indonesia

TikTok dan Tokopedia

Jakarta, 11 Desember 2023 – Grup GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok, platform hiburan global terkemuka, hari ini mengumumkan kemitraan strategis guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, khususnya pemberdayaan dan ekspansi pasar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tanah air.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah naungan PT Tokopedia, dengan TikTok mengendalikan perusahaan tersebut. TikTok juga berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar sebagai dukungan jangka panjang untuk operasional Tokopedia.

Melalui langkah ini, TikTok dan GoTo berharap dapat meningkatkan manfaat bagi pengguna dan pelaku UMKM Indonesia. Penggabungan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia di bawah PT Tokopedia diharapkan dapat membawa keuntungan bagi GoTo, yang tetap akan menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia. Dalam waktu dekat, TikTok akan mengelola layanan belanja di aplikasi TikTok di Indonesia melalui PT Tokopedia.

Penting untuk dicatat bahwa investasi lebih dari US$1,5 miliar dari TikTok akan dilakukan tanpa adanya dilusi pada kepemilikan GoTo di Tokopedia. Sehingga, GoTo dapat terus memperluas layanannya, termasuk layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek.

Kemitraan strategis ini akan dimulai dengan periode uji coba, yang akan dipantau oleh kementerian dan lembaga terkait. Salah satu inisiatif awal yang akan diluncurkan selama uji coba adalah kampanye “Beli Lokal” pada 12 Desember 2023, sejalan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Kampanye ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan mempromosikan berbagai produk dari UMKM lokal, dengan fokus utama pada produk asli Indonesia.

Baca Juga  Miris! Jenazah Bayi Perempuan Mengapung di Saluran Irigasi Kepanjen, Kabupaten Malang

Baca juga : Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Dia Titik Kemacetan di Kota Batu yang Perlu Diwaspadai

Baca juga: Grand Opening The Alana Hotel Malang, Smart Room Hotel di Kota Malang

Dengan melibatkan lebih dari 90% pedagang yang merupakan pelaku UMKM, GoTo, TikTok, dan Tokopedia berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada mereka melalui berbagai program, termasuk promosi produk, huluisasi UMKM, dukungan pemasaran, branding, dan praktik bisnis berkelanjutan. Selain itu, mereka akan membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai lokasi di Indonesia.

Diharapkan transaksi ini akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024, sesuai dengan upaya Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan dan memperluas cakupan pasar. Komite yang dibentuk untuk memfasilitasi transisi dan integrasi akan dipimpin oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.

Dalam penasihat keuangan transaksi ini, Goldman Sachs turut berperan. Kesepakatan ini diharapkan dapat menciptakan peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dan membawa manfaat luas bagi para pelaku UMKM di tanah air.

 

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)