Jaket “Dream Team” Michael Jordan Dilelang Hingga Rp 44 Miliar

Jaket Michael Jordan

WartaJatim.co.id, 14 Mei 2023 – Jaket dengan logo Reebok yang pernah dipakai oleh Michael Jordan saat Olimpiade Barcelona 1992 dilelang oleh Sotheby’s.

Menurut NBC Sports, jaket tersebut berasal dari Brian McIntyre, seorang karyawan departemen komunikasi NBA yang kemudian bekerja sebagai penasihat mantan komisaris David Stern. McIntyre sendiri di ketahui telah hadir dalam upacara penyerahan medali Olimpiade tahun 1992.

Jaket itu kemudian di berikan kepada McIntyre oleh sang legenda saat ia keluar dari tribun, tak lama setelah medali emas berhasil di menangkan. Ide untuk mempromosikan kompetisi tersebut tidak begitu di sukai oleh Jordan, yang menandatangani kontrak dengan Nike pada tahun 1984.

Namun, ia di haruskan untuk mengenakan jaket “Dream Team” itu untuk upacara. Jadi, pemberian tersebut sebenarnya merupakan bukti kesetiaannya kepada Nike.

“Dia berkata, ‘Saya tentu saja tidak menginginkannya,’” kenang McIntyre.

Bukan hanya di berikan kepada McIntyre, karya berharga tersebut juga di tandatangani oleh Jordan dengan menulis, “Untuk Brian, terima kasih untuk segalanya, Michael Jordan”.

Baca Juga: Erling Haaland Mencetak Rekor Baru di Sejarah Premier League

Jaket tersebut telah di simpan oleh McIntyre, sejarahinya telah terkandung dalam jaket tersebut selama hampir 30 tahun, dan maknanya di pahaminya. Selain di kenakan oleh Jordan, jaket tersebut juga mewakili sebuah era penting dalam sejarah bola basket.

Sebab, pertama kalinya atlet profesional yang masih aktif bergabung dengan tim AS di Olimpiade di tandakan oleh jaket tersebut.

Selain Jordan, “Dream Team” juga terdiri dari Magic Johnson, Larry Bird, Charles Barkley, Karl Malone, John Stockton, Patrick Ewing, David Robinson, Clyde Drexler, Scottie Pippen, Chris Mullin, dan Christian Laettner.

Baca Juga  Rekomendasi 7 Game Mobile Seru untuk Mengisi Waktu Luang

“Kami menyaksikan ‘Dream Team’ di Olimpiade 1992 yang membuat pertumbuhan bola basket sangat pesat,” kata McIntyre.

Baca Juga: Siapa Itu Generasi Strawberry? Ciri Khas dan Potret Kehidupannya

“Maksud saya, itu benar-benar membantu mengembangkan permainan di seluruh dunia, tidak hanya untuk NBA tetapi juga bola basket secara umum,” ujar dia.

Dikarenakan warisan Jordan dan perkembangan liga sejak Olimpiade tersebut, tidaklah mengherankan jika jaket ini di perkirakan akan terjual dalam jumlah yang signifikan.

Estimasi harga lelangnya adalah antara 1 juta dollar (Rp 14 miliar) hingga 3 juta dollar (Rp 44 miliar), dengan lelang yang di rencanakan berlangsung hingga 28 Juni 2023.

“Untuk dapat menjual peninggalan dari peristiwa bersejarah dunia ini merupakan hal yang langka dan tak tertandingi,” ungkap kepala streetwear dan barang koleksi modern Sotheby’s, Brahm Wachter.

“Dan di luar tempatnya yang legendaris dalam sejarah Olimpiade, jaket ini melambangkan kesetiaan Michael Jordan yang sengit dan penuh pengabdian kepada Nike, sebuah kemitraan transformatif dan revolusioner antara dua perusahaan besar yang telah bertahan dalam ujian waktu,” terangnya.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)