Rendra Masdrajad Safaat

Bus Pariwisata Terjun di Tegal: 4 Cara Aman Sewa Bus untuk Perjalanan Jalan-jalan

bus pariwisata
Bus pariwisata terjun ke jurang di Tegal.

WartaJatim.co.id, 8 Mei 2023 – Liburan dengan menggunakan bus pariwisata adalah pilihan yang menyenangkan untuk mengeksplorasi berbagai destinasi wisata. Namun, insiden tragis yang terjadi ketika sebuah bus pariwisata masuk ke dalam jurang di Tegal mengingatkan kita akan pentingnya menjaga keamanan dalam perjalanan.

Untuk memastikan liburan Anda berjalan dengan lancar dan aman, kami telah merangkum 4 cara aman sewa bus untuk perjalanan jalan-jalan.

Internship Warta Jatim

Dengan mengikuti tips dan langkah-langkah ini, Anda dapat menikmati liburan tanpa khawatir dan memastikan keselamatan semua penumpang. Mari kita simak lebih lanjut!



Mengenal Resiko dan Pentingnya Keamanan dalam Sewa Bus Pariwisata

Sebelum memasuki ke pembahasan, ada baiknya kita mengenal resiko dan pentingnya keamanan dalam sewa bus pariwisata.

Ketika Anda menyewa bus pariwisata, penting untuk memahami risiko yang terkait dengan kegiatan tersebut. Mengingat bus tersebut akan mengangkut sejumlah besar penumpang, keamanan dan keselamatan harus menjadi prioritas utama.

Sewa bus pariwisata menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin menjelajahi berbagai destinasi wisata. Namun, ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan dalam perjalanan ini.

Penting bagi kita untuk memahami risiko ini dan mengutamakan keamanan dalam setiap perjalanan yang dilakukan.

Menurut ahli pariwisata, risiko utama dalam sewa bus pariwisata adalah kecelakaan lalu lintas. Dalam perjalanan jarak jauh, bus sering kali melewati rute yang berliku dan berbahaya, termasuk turunan curam dan tikungan tajam. Oleh karena itu, kondisi fisik dan teknis bus sangat penting untuk diperiksa sebelum melakukan perjalanan.

Baca Juga  Sosok Bianca Alyssa, Anak Kapolresta yang Terlibat Dugaan Perselingkuhan Dokter TNI

Pilih Perusahaan Bus yang Terpercaya dan Berpengalaman

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih perusahaan bus pariwisata yang terpercaya dan berpengalaman.

Cari informasi mengenai reputasi perusahaan, legiti mitra perjalanan, serta keandalan armada bus yang mereka miliki.

Pastikan perusahaan tersebut memiliki izin resmi dan telah teruji dalam menyediakan layanan bus pariwisata yang aman dan nyaman.

Periksa Kondisi Fisik dan Teknis Bus

Sebelum menyewa bus, pastikan untuk melakukan pemeriksaan kondisi fisik dan teknis bus tersebut. Periksa kebersihan bus, kenyamanan tempat duduk, serta kelengkapan fasilitas seperti AC, toilet, dan peralatan keamanan. Selain itu, pastikan juga bahwa bus tersebut dalam kondisi teknis yang baik, seperti rem yang berfungsi dengan baik, lampu-lampu yang menyala dengan jelas, dan ban-ban yang dalam kondisi baik.

Pastikan Sopir Bus Berpengalaman dan Terpercaya

Sopir bus memegang peran yang sangat penting dalam keamanan perjalanan. Pastikan sopir bus yang akan mengemudikan Anda memiliki pengalaman yang cukup dan memiliki lisensi mengemudi yang sah. Selain itu, perhatikan juga kedisiplinan dan kecakapan sopir dalam menghadapi situasi lalu lintas yang mungkin kompleks. Jika memungkinkan, mintalah informasi mengenai rekam jejak sopir tersebut dari perusahaan bus.

Sediakan Perlengkapan Keselamatan dalam Bus

Selama perjalanan, penting untuk memiliki perlengkapan keselamatan yang memadai dalam bus. Pastikan bus dilengkapi dengan pemadam api, kotak P3K, palu pemecah kaca darurat, dan sabuk pengaman yang berfungsi dengan baik. Pastikan juga bahwa penumpang memahami cara menggunakan perlengkapan keselamatan tersebut.



Media Partner Warta Jatim