Rendra Masdrajad Safaat

Keselamatan Berkendara: 5 Komponen yang Wajib Diperhatikan

Keselamatan Berkendara: 5 Komponen yang Wajib Diperhatikan
Keselamatan Berkendara: 5 Komponen yang Wajib Diperhatikan

WartaJatim.co.id 23 Juni 2023 – Menjaga keselamatan saat berkendara adalah prioritas utama bagi setiap pengendara. Kendaraan yang baik dan terawat dengan baik dapat menawarkan perlindungan tambahan dan mengurangi risiko kecelakaan.

Menurut data Pusat Informasi Kriminal Nasional (Pusiknas) Polri, mobil penumpang adalah jenis kendaraan dengan jumlah kecelakaan lalu lintas tertinggi ketiga sepanjang semester pertama tahun 2022, dengan 6.786 kecelakaan.

Internship Warta Jatim

Untuk menjaga keselamatan berkendara Anda, Anda harus memperhatikan lima hal penting yang harus Anda perhatikan.

Ban

Ban yang baik adalah kunci keamanan berkendara. Pastikan ban kendaraan Anda memiliki keausan yang sesuai dan tekanan udara yang tepat.

Periksa secara berkala untuk mengetahui aus atau kerusakan pada ban. Pilihlah ban dengan daya cengkeram yang baik agar terhindar dari tergelincir atau kehilangan kendali.

Rem

Sistem rem yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk mencegah kecelakaan. Periksa keausan pada kampas rem dan pastikan cakram atau tromol tidak rusak.

Jika rem terasa kurang responsif atau mengeluarkan suara yang tidak biasa, segera periksa dan perbaiki di bengkel terpercaya. Jangan mengabaikan perawatan dan penggantian rem secara rutin.

Lampu

Lampu kendaraan yang berfungsi dengan baik merupakan faktor penting dalam keselamatan berkendara, terutama saat malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk.

Periksa dan pastikan semua lampu kendaraan, termasuk lampu depan, belakang, rem, dan sein, berfungsi dengan baik. Ganti lampu yang mati segera untuk menjaga visibilitas yang optimal.

Sistem Kemudi

Sistem kemudi yang stabil sangat penting untuk mengendalikan kendaraan dengan aman. Periksa apakah sistem kemudi mengalami kebocoran atau keausan pada komponen penting seperti tie rod, ball joint, dan peredam kejut. Selain itu, pastikan roda terkunci dengan baik dan tidak ada getaran yang tidak wajar saat berkendara.

Baca Juga  Aturan Offside Baru? Ini Negara yang Mulai Menerapkan

Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan yang baik adalah kunci untuk menjaga kendaraan berfungsi dengan optimal. Periksa aki, kabel-kabel listrik, dan sistem pengapian secara berkala.

Pastikan tidak ada konsleting atau kerusakan pada kabel-kabel listrik yang dapat menyebabkan masalah saat berkendara. Selalu perhatikan indikator pada panel instrumen dan tanggapi dengan cepat jika ada masalah yang muncul.

Media Partner Warta Jatim