Tutup Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024, Prodi HI UMM Adakan Gelar Praktikum Atmospheral 2.0

Program Studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Malang kembalimengadakan praktikum kelas Kajian Kawasan dalam Hubungan Internasional pada Rabu (3/7) di Sengkaling Kuliner, Dau. Gelar praktikum yang biasa dikenal dengan nama Atmospheral ini merupakan hasil kolaborasi Prodi HI UMM, Lab HI UMM, besertaHimpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) UMM.

 Dalam gelar praktikum yang mengusung tema“Cultural Odyssey: Exploring the World Heritage”ini, para mahasiswa dibagi menjadi sembilan kelompokbesar yang mewakili berbagai negara dan kawasan, antara lain: Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, Korea Selatan, Asia Timur, Eropa, dan Amerika.

Baca Juga: Sebuah Warung Ludes Terbakar di Sidoarjo: BPBD Segera Bertindak

 Aloysius Gonzaga Alnabe, salah seorang mahasiswayang berpartisipasi dalam gelar praktikumAtmospheral ini, menuturkan bahwa acara inimelebihi ekspektasinya. Ia beranggapan bahwa acara ini akan seperti festival-festival pada umumnya.

 “Aku ‘kan suka banget sama acara-acara seperti ini, tapi baru kali ini rangkaian acaranya melebihiekspektasiku,” tutur Gonzaga yang merupakananggota kelompok Asia Timur.

 Ia pun juga mengungkapkan bahwa kelompoknyatelah mempersiapkan diri sejak seminggu sebelumpraktikum ini digelar.

Baca Juga: Sambu Group Raih Penghargaan Pada 51st Cocotech International Confrence & Meeting

 Selain itu, terdapat empat nominasi yang dimenangkan oleh beberapa kelompok yang berpartisipasi, antara lain: best performance yang dimenangkan oleh kelompok Asia Pasifik, best costume yang dimenangkan oleh kelompok Asia Timur, best tenant yang dimenangkan oleh kelompokAfrika, dan best fashion show yang dimenangkan oleh kelompok Asia Tenggara.

 Hafid Adim Pradana, selaku Kepala Laboratorium HI UMM turut mengungkapkan harapannya di penghujung acara ini.

“Acara ini menjadi sarana edukasi sekaligus hiburanmahasiswa di penghujung semester genap tahunajaran 2023/2024 ini. Saya berharap acara ini harussustain. Selain memiliki aspek edukatif, acara ini juga menjadi sarana refreshing mahasiswa yang dihantambanyak tugas di semester ini,” urai Adim.