Jadwal Karnaval di Kota Malang! Perhatikan Ini, Untuk Menghindari Kemacetan!

jadwal karnaval kota malang

MALANG – Untuk menghindari kemacetan, pengguna jalan dianjurkan untuk selalu memperhatikan jadwal karnaval bulan Agustus 2024 di Malang Raya.

Kemacetan yang dialami oleh pengendara saat karnaval di Desa Kalisongo Dau, Kabupaten Malang pada Minggu, 28 Juli 2024, menjadi pelajaran penting untuk selalu memantau jadwal karnaval.

Di awal bulan kemerdekaan ini, karnaval akan diadakan pada 3 dan 4 Agustus 2024.

Setidaknya ada tiga wilayah yang akan menggelar karnaval, yaitu satu desa di Kecamatan Lawang, dua desa di Kecamatan Wagir, dan Kota Batu.

Baca Juga: 4 Gudang di TPA Benowo Surabaya Hangus: Dampak Mengerikan dari Membakar Sampah

1. Kecamatan Wagir

Pada 3 Agustus 2024, Desa Mendalanwangi akan menjadi tuan rumah karnaval. Desa Mendalanwangi terletak di perbatasan antara Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, dan Kota Malang. Warga Wagir yang bekerja di Kota Malang sering melewati jalur ini, sehingga dianjurkan untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi. Jika terjadi kemacetan di jalur utara perbatasan dengan Sukun, warga disarankan untuk mengambil jalur timur menuju Pakisaji sebelum ke Kota Malang.

Sehari setelahnya, pada 4 Agustus 2024, Desa Sukodadi Wagir juga akan mengadakan karnaval. Karena lokasi geografisnya tidak berada di jalan provinsi, potensi mengganggu lalu lintas pada akhir pekan lebih kecil.

2. Kecamatan Lawang

Pada 4 Agustus 2024, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, akan menggelar karnaval. Meskipun letaknya jauh dari jalur provinsi, Desa Wonorejo merupakan jalur menuju Gunung Arjuno, di mana pos pendakian gunung tersebut berada. Wisatawan yang hendak mendaki Gunung Arjuno diharapkan untuk mempertimbangkan potensi kemacetan pada tanggal tersebut.

Baca Juga: Batik Violis Patricia Jane Jadi Sorotan di New York Fashion Week

3. Kota Batu

Pada 4 Agustus 2024, Kirab 1000 Bantengan Nuswantara dijadwalkan digelar di Kota Batu. Meskipun saat ini antusiasme wisata sudah menurun karena sekolah-sekolah telah kembali beraktivitas, Kota Batu tetap menjadi tujuan utama wisatawan. Oleh karena itu, potensi kemacetan masih ada, terutama dengan adanya acara kirab ini. Wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah diharapkan memperhitungkan potensi kemacetan tersebut.

Untuk menghindari kemacetan, masyarakat diimbau untuk menghindari area Wagir, Wonorejo Lawang, dan Kota Batu pada 3 dan 4 Agustus 2024.