Kartika Winna Shafira: Atlet Sepatu Roda Malang yang Siap Mengukir Prestasi di PON XXI Aceh-Sumut 2024

atlet sepatu roda
atlet sepatu roda (pict by Badai Mafest)

Di tengah persiapan menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan digelar pada bulan September 2024, Kota Malang mempersiapkan seorang atlet sepatu roda yang penuh semangat dan berprestasi, Kartika Winna Shafira.

Winna, begitu Ia biasa disapa, merupakan atlet sepatu roda dari Mafest Team Malang. Perempuan  kelahiran Malang pada Mei 2009 ini menyatakan kesiapannya untuk menghadapi tantangan besar di PON XXI di Aceh-Sumut.

Atlet perempuan asal Kota Malang ini telah berkecimpung dalam dunia sepatu roda selama lebih dari satu dekade, dan kini tengah bersiap untuk mewakili Provinsi Jawa Timur dalam ajang olahraga terbesar di tanah air.

Winna memulai perjalanan olahraga sepatu roda sejak 2014. Meskipun sempat vakum pada 2020-2021, ia kembali menunjukkan kemampuannya pada 2022 dengan mengikuti kejuaraan nasional di bidang freestyle. Prestasi ini menandai kembalinya Winna ke jalur kompetitif dengan pencapaian yang signifikan.

“Saya memilih sepatu roda freestyle karena olahraga ini sangat unik dan penuh tantangan. Setiap tahun, selalu ada trik-trik baru yang harus dipelajari dan itu membuat saya terus termotivasi,” ungkap Winna, yang penuh semangat saat ditemui di salah satu sesi latihannya.

Selain menorehkan prestasi di tingkat nasional, Winna juga telah menarik perhatian dunia internasional. Ia menjalin kontrak dengan Rollerblade, brand sepatu roda ternama dari US yang dimiliki oleh perusahaan dari Italy di bawah naungan Rollerblade dan Rollerblade Indonesia sebagai brand ambassador untuk sepatu roda freestyle mereka.

Kontrak ini merupakan pengakuan atas kemampuannya dan dedikasinya dalam olahraga sepatu roda.

Dalam persiapannya untuk PON XXI di Aceh-Sumut, Winna menjalani latihan rutin di klubnya, Mafest Team Malang dan bersama tim Puslatda Jawa Timur di Kota Jombang. Meskipun menghadapi tantangan dalam menaklukkan beberapa trik sulit, Winna tetap berfokus dan bertekad untuk mencapai performa terbaiknya.

Baca juga: Terungkap! Suka Duka Kartika Winna Shafira, Atlet Sepatu Roda Asal Kota Malang

“Tantangan terbesar saya saat ini adalah menyempurnakan beberapa trik yang masih sulit. Latihan setiap hari adalah kunci untuk menemukan kunci dari trik tersebut,” jelasnya dengan penuh keyakinan.

Winna merasa bangga dan terhormat bisa berpartisipasi dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024. Terutama karena ini adalah pertama kalinya sepatu roda freestyle dipertandingkan dalam ajang tersebut.

“Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Saya merasa hasil latihan selama ini telah membuahkan hasil, dan saya siap untuk bertanding,” tambahnya.

Kartika Winna Shafira
Kartika Winna Shafira (pict by Badai Mafest)

Dukungan dari keluarga, pelatih, teman-teman, dan tim sangat berarti bagi Winna. “Dukungan mereka sangat membantu saya tetap semangat dan fokus. Kami selalu menekankan untuk menikmati proses tanpa beban,” katanya.

Baca juga: Bonus Atlet SEA Games dan Prestasi Gemilang: Pemerintah Alokasikan Rp852,2 Miliar dari APBN untuk Dukung Kontingen Indonesia

Sebagai atlet sepatu roda, Ia juga berbagi pesan motivasi untuk teman-teman dan pelaku sepatu roda lainnya. “Tetap semangat, jangan pernah menyerah. Terus berlatih dan jika jatuh, bangkit lagi. Menang atau kalah adalah bagian dari proses, namun pengalaman adalah hal yang utama,” tutupnya.

Dengan persiapan fisik dan mental yang matang, Kartika Winna Shafira siap menghadapi tantangan di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Ia adalah contoh nyata dedikasi dan semangat yang menginspirasi banyak orang di Indonesia.