Malang  

Krisis Air Bersih di Malang Selatan: BPBD Distribusikan 538 Ribu Liter

Krisis Air Bersih. Sumber : Istimewa
Krisis Air Bersih. Sumber : Istimewa

Meski beberapa wilayah Malang telah di guyur hujan, krisis air bersih masih di alami masyarakat di Malang Selatan.

Untuk menangani masalah ini, BPBD Kabupaten Malang mendistribusikan 538.000 liter air bersih dari 4 hingga 27 September 2024.

Menurut Plt Kalaksa BPBD Ichwanul Muslimin, setiap desa menerima pasokan air sebanyak 5 hingga 25 ribu liter.

Salah satu wilayah yang menerima suplai adalah Desa Sumberagung di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, yang mendapat 20 ribu liter air.

Selain itu, Puskesmas Sitiarjo menerima pasokan 5.000 liter air. Secara total, 263.000 liter air telah di distribusikan ke wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan untuk mengatasi kekeringan.

Baca juga : Cegah Perkawinan Anak, DP3A Kabupaten Malang Adakan Sosialisasi di Kecamatan Karangploso

“Untuk Desa Sumberagung pencapaian sebanyak 223 ribu liter selama 4 September sampai 27 September. Untuk memenuhi 1.412 Kepala Keluarga,” ujar Ichwanul kepada wartawan, Sabtu (28/9/2024).

BPBD Kabupaten Malang juga mendistribusikan 15 ribu liter air bersih kepada 514 kepala keluarga (1.542 jiwa) di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo. Sejak 9 hingga 27 September 2024, total air yang dikirim ke desa ini mencapai 150 ribu liter. 

Selain itu, 5 ribu liter air dikirim ke Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, dengan total 50 ribu liter untuk 89 kepala keluarga (317 jiwa).

Desa Tulungrejo, juga di Kecamatan Donomulyo, menerima 65 ribu liter air. 

Distribusi air bersih juga di lakukan untuk memenuhi kebutuhan di Ponpes Asy-Syadzili di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, yang menerima 10 ribu liter air sesuai permintaan.

“Total distribusi mulai 4 September sampai 27 September sudah sebanyak 538 ribu liter, kita kirimkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Ichwanul.

“Cuaca ekstrem diprediksi sampai akhir Oktober nanti,” tegasnya.

Baca juga : Bea Cukai Malang Terus-menerus Basmi Rokok Ilegal

BPBD Kabupaten Malang sebelumnya mencatat bahwa puluhan desa berpotensi mengalami kekeringan selama musim kemarau tahun ini.

Desa-desa tersebut tersebar di 6 kecamatan, termasuk Desa Klampok di Kecamatan Singosari serta Desa Jabung dan Desa Kemiri di Kecamatan Jabung.

Di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, terdapat beberapa desa yang terancam kekeringan, seperti Desa Sumbermanjing Wetan, Sumberagung, Kedungbanteng, Tambaksari, Ringinsasri, Argotirto, Sitiarjo, Klepu, Ringinkembar, Tambakrejo, dan Druju.

Di Kecamatan Kalipare termasuk pada Desa Sumberpetung, Kalipare, Kalirejo, dan Putukrejo, bersama Desa Sumberoto di Kecamatan Donomulyo dan Desa Karangkates.