Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Gelar Upacara untuk Memperingati Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi gelar Upacara Peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur
Foto: Tangkapan Layar banyuwangikab.go.id

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

Upacara tersebut berlangsung di Halaman Kantor Bupati Banyuwangi dengan Plt Bupati Banyuwangi, Sugirah, sebagai pemimpin.

Acara ini turut dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi, termasuk Ketua Pengadilan Negeri Banyuwangi, Dr. I Gede Yuliartha, Wakapolresta Banyuwangi, perwakilan dari Kodim 0825 Banyuwangi, Lanal, dan DPRD. Selain itu, turut hadir pula instansi vertikal, TNI/Polri, pegawai Pemkab Banyuwangi, serta para pelajar.

Baca Juga: Banyuwangi Gelar Peparkab II untuk Menemukan Atlet Disabilitas yang Berbakat

Pada kesempatan tersebut, Sugirah menyampaikan kebanggaan Banyuwangi menjadi bagian dari Provinsi Jawa Timur yang terus mencatatkan prestasi.

“Semua prestasi Jatim ini menjadi inspirasi bagi Banyuwangi juga untuk menorehkan prestasi. Terima kasih atas bimbingan pemprov kepada Banyuwangi. Bila daerah-daerah di Jatim maju, inshaallah Provinsi Jatim juga akan maju dan mensejahterakan warganya,” ucap Sugirah.

Sugirah juga membacakan pidato dari Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono.

Ia menyampaikan bahwa Jawa Timur terus memperlihatkan kemajuan yang signifikan setiap tahun, sehingga menjadikannya salah satu provinsi terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Ratusan Pembalap Sepeda Ramaikan Hubride 2024 Di Banyuwangi

“Berkat kerja keras semua pihak, salah satu capaian Provinsi Jawa Timur adalah mampu menurunkan angka kemiskinan yakni sebesar 9,79 persen per Maret 2024. Selain itu Jatim juga menjadi penyumbang penurunan penduduk miskin tertinggi secara nasional sebesar 206.102 jiwa dan berkontribusi sebesar 30,34% terhadap penurunan kemiskinan nasional,” sambung Sugirah.

Pada akhir upacara, Sugirah memberikan penghargaan kepada salah satu siswa Banyuwangi yang berprestasi di tingkat internasional.

Dia adalah Hellen Maurelle Wijayanti, siswi kelas 11 SMAN 1 Glagah, yang meraih medali perak dalam ajang olimpiade matematika bernama Philippine International Mathematical Olympiad (PHIMO).

Upacara tersebut dilanjutkan dengan tasyakuran bersama seluruh peserta upacara di halaman Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga: Revitalisasi Pasar Induk Banyuwangi dan Asrama Inggrisan

(***)