Malang  

Semangat Tanam Padi Bersama Plt Bupati Malang, Petani Tangguh Menuju Malang Makmur

Plt Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, menghadiri Gerakan Tanam Padi bersama Petani Tangguh Malang Makmur.
Foto: Tangkapan Layar malangkab.go.id

Plt Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, menghadiri Gerakan Tanam Padi bersama Petani Tangguh Malang Makmur di Lahan Sawah Poktan Margo Rukun III, Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, pada Rabu pagi, 23 Oktober 2024.

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0818 Malang-Batu, Anggota DPRD Kabupaten Malang, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malang, Kepala Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika, Camat dan Muspika Pakisaji, Kepala Desa Karangduren, serta Petani Tangguh.

Gerakan Tanam Padi adalah kegiatan rutin yang di laksanakan oleh para petani di seluruh Kecamatan Pakisaji.

Baca Juga: Plt Bupati Malang Resmi Lepas Festival Drum Band GP Ansor Kabupaten Malang

Gerakan ini juga bagian dari program Pemerintah untuk memastikan ketersediaan bahan pangan dalam rangka mendukung ketahanan pangan, terutama makan siang gratis.

Dengan demikian, Gerakan Tanam Padi yang kita laksanakan hari ini di harapkan menjadi langkah nyata untuk meningkatkan produktivitas dan menjaga ketahanan pangan di daerah kita.

“Dengan adanya gerakan ini, saya mengajak seluruh petani, Perangkat Daerah terkait, serta seluruh kalangan masyarakat untuk bekerja bersama-sama. Bukan hanya sekedar menanam,” kata Plt Bupati Malang.

“Tetapi juga memastikan bahwa kita menerapkan teknologi pertanian yang modern, pupuk yang tepat, serta menjaga kualitas benih yang kita tanam,” sambungnya.

Baca Juga: Rakor Tim Penanggulangan untuk Turunkan Angka Kemiskinan di Kabupaten Malang

Dengan begitu, hasil panen kita akan terus bertambah dan kesejahteraan para petani juga akan meningkat.

Di sisi lain, kita menyadari bahwa untuk mencapai peningkatan produksi padi, langkah yang kita ambil adalah meningkatkan efisiensi pengelolaan lahan, mengoptimalkan penggunaan air, serta memaksimalkan hasil panen.

Melalui Gerakan Tanam ini, kita menunjukkan komitmen bersama bahwa Kabupaten Malang siap berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

“Harapan saya, Gerakan Tanam hari ini tidak hanya berhenti pada simbolis penanaman hari ini saja, namun juga harus menjadi semangat yang terus berlanjut, semangat yang menyala di seluruh penjuru Kabupaten Malang,” tambahnya.

Baca Juga: Puguh Wiji Pamungkas Perkuat Sinergi Bela Rakyat di DPRD Kabupaten Malang

Setelah penanaman padi dan acara seremonial, para petani yang gigih serta peserta kegiatan mendapat bimbingan teknis mengenai metode penanaman dan penjelasan singkat terkait kondisi tanah di Desa Karangduren.

Plt Bupati Malang berharap kegiatan ini dapat memotivasi kita semua untuk bekerja lebih baik dalam menjaga ketersediaan pangan.

Peningkatan produksi dan produktivitas pertanian sangat penting untuk mendukung pencapaian target swasembada pangan, terutama dalam menghadapi perubahan iklim yang bisa mempengaruhi ketahanan pangan.

(***)