Pj Bupati Nurkholis Apresiasi Sinergi PT PLN Indonesia Power dalam Penyebaran Eco Enzym di Danau Ranu Grati

Pj Bupati Nurkholis mengapresiasi kerja sama PT PLN Indonesia Power dalam menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem perairan danau.
Foto: Tangkapan Layar pasuruankab.go.id

Pemerintah Kabupaten Pasuruan memberikan apresiasi atas kolaborasi PT PLN Indonesia Power dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan serta ekosistem air danau.

Pernyataan ini di sampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan, Nurkholis pada acara ‘Penyebaran Eco Enzyme Bersama Stakeholder di Danau Ranu Grati’ yang berlangsung di Pendopo Wisata Ranu Grati.

Menurut Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur, program Corporate Social Responsibility (CSR) yang di laksanakan di Danau Ranu Grati merupakan bentuk nyata kepedulian dunia usaha terhadap konservasi lingkungan.

Baca Juga: Evaluasi SPBE 2024, Pemkab Pasuruan Ikut Serta

Manfaatnya sangat beragam, termasuk menjernihkan air dan menguraikan zat berbahaya di dalamnya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Pasuruan, saya berterima kasih atas apa yang di upayakan oleh teman-teman PT PLN Indonesia Power. Selama ini sudah banyak yang Panjenengan berikan ke Kabupaten Pasuruan,” kata pada hari Rabu, 23 Oktober 2024.

“Mudah-mudahan dengan bantuan eco enzym yang di sebarkan di Danau Ranu Grati akan meningkatkan kualitas air. Sehingga PH air danau akan kembali normal,” sambungnya.

Bersama Sekretaris Daerah Yudha Triwidya Sasongko, Kepala Dinas Perikanan Alfi Khasanah, dan Kepala Dinas Pariwisata Agus Hariwibawa, Pj Bupati Nurkholis menjelaskan pentingnya eco enzym dalam menjaga keberlanjutan ekosistem Danau Ranu Grati.

Baca Juga: Pjs Wali Kota Pasuruan Hadiri Pengambilan Sumpah Pimpinan DPRD Periode 2024-2029

Hal ini berdampak pada peningkatan kualitas ikan yang banyak di budidayakan dalam keramba jaring apung, seperti ikan Nila, Bandeng Tawar, Tombro, Gurame, Patin, dan Bawal.

“Acara ini luar biasa dan penting bagi kami, Pemerintah Daerah, di Danau Ranu banyak sekali keramba-keramba, jadi banyak sekali sisa-sisa makanan yang tidak kemakan,” ucapnya dengan bersemangat.

“Itu akhirnya PH air jadi jenuh. Dengan penyebaran eco enzyme akan meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ikan di sini,” tambahnya.

Asisten Manajer Keamanan dan Humas PT PLN Indonesia Power sebelumnya berharap program CSR bantuan eco enzym yang dilaksanakan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: Bupati Pasuruan Meminta RSUD Bangil untuk Meningkatkan Layanan Kesehatan Publik

Program tersebut tidak hanya mendukung kelestarian alam, tetapi juga membawa dampak positif bagi peningkatan perekonomian warga sekitar.

“Kami berharap Danau Ranu Grati bisa dijadikan tempat wisata, sumber air bersih dan produksi ikan air tawar yang terbesar se-Pasuruan. Minimal seperti itu,” ujarnya dengan nada optimis.

Sementara itu, setelah acara seremonial, Pj Bupati Nurkholis beserta rombongan segera menuju dermaga Danau Ranu untuk menyebarkan eco enzym di beberapa lokasi yang dicapai menggunakan perahu motor.

Panas terik matahari tidak mengurangi semangat bersama dalam menjaga sumber mata air dan ekosistem di kawasan wisata alam seluas 107 hektar dengan latar pegunungan Tengger tersebut.

Baca Juga: Pj Bupati Pasuruan Dukung Rencana Konservasi dan Pengelolaan DAS

Setidaknya 30 jeriken (masing-masing berisi 2,5 liter) cairan serbaguna hasil fermentasi limbah dapur organik dituangkan ke permukaan air tawar.

Atau setara dengan 75 liter yang akan terus ditambah hingga mencapai target penyebaran 10 ton eco enzym di Danau Ranu Grati. Hingga saat ini, total 2,5 ton telah disebar sejak tahun 2023.

(***)