PT KAI Akan Buka Tambahan Kereta yang Menghubungkan Malang-Banyuwangi

Kereta Banyuwangi Malang (dok.istimewa)
Kereta Banyuwangi Malang (dok.istimewa)

Dalam upaya meningkatkan konektivitas regional, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana membuka tambahan relasi kereta api baru yang menghubungkan Banyuwangi dengan kota-kota sibuk seperti Malang, Jakarta, dan Bandung.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Buntar Ris Wirawan, Kepala PT KAI Daerah Operasi (Daop) IX Jember, dalam pertemuan dengan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

Baca juga : Wanita di Malang Tewas, Diduga Akibat Suami Paksa Minum Racun

Perhatian awal dari perluasan ini terfokus pada rute Banyuwangi-Malang, menanggapi meningkatnya permintaan perjalanan antara kedua destinasi ini.

“Selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, tiket untuk rute ini selalu habis terjual. Hal ini memotivasi kami untuk meningkatkan layanan,” ujar Buntar.

Rute baru kereta Banyuwangi Malang ini diharapkan dapat memberikan pengalaman perjalanan mewah dengan menggunakan kereta kelas eksekutif.

“Kami dengan penuh semangat menanti persetujuan penambahan rute kelas eksekutif, dan jika semuanya berjalan lancar, kami berharap dapat memulai operasional dalam dua bulan ke depan,” tambah Buntar

Baca juga : Gudang Rongsokan di Banyuwangi Terbakar, Diduga Karena Putung Rokok

Langkah ini dipandang sebagai usaha strategis untuk meningkatkan pariwisata di Banyuwangi.
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menyambut baik berita ini, menekankan dampak positif terhadap aksesibilitas dan kesejahteraan lokal.

“Semakin banyak rute dan kelas yang ditawarkan, semakin mudah bagi masyarakat untuk mengakses Banyuwangi. Harapan kami, ini bisa semakin mendongkrak kunjungan wisatawan yang berdampak pada kesejahteraan warga Banyuwangi,” ujar Ipuk.

PT KAI juga sedang bersiap untuk rute tambahan, termasuk layanan pulang-pergi Banyuwangi-Jakarta menggunakan kereta Blambangan Ekspres. Rencananya adalah memperpanjang rute Blambangan Ekspres dari Semarang hingga Jakarta. Selain itu, potensi rute dari Banyuwangi ke Bandung melalui Surabaya juga sedang dipertimbangkan.

Baca Juga  Rel Kereta Banyumas yang Terdampak Longsor, Kini Dapat Dilalui dengan Kecepatan Terbatas

Baca juga : Bayi Laki-laki Ditemukan di Depan Toko Banyuwangi, Terdapat Surat Wasiat Ditinggalkan Pelaku

“Kita akan memperpanjang Blambangan Ekspres. Jika saat ini hanya sampai Semarang dari Ketapang (Banyuwangi), rencananya akan diperpanjang hingga Jakarta. Sudah kami usulkan ke pusat. Semoga pada bulan Februari, persetujuan sudah keluar sehingga operasional dapat dimulai sebelum festival Lebaran,” jelas Buntar.

Inisiatif strategis ini tidak hanya memperkuat konektivitas Banyuwangi dengan kota-kota besar di dalam dan di luar Jawa Timur, tetapi juga memberikan opsi perjalanan yang lebih nyaman dan mewah bagi para penumpang.

Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Timur, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)