Mengenal Peluang Bisnis Jastip Bangkok

Mengenal Peluang Bisnis Jastip Bangkok
Mengenal Peluang Bisnis Jastip Bangkok

Kalau kita bicara tentang belanja, pasti banyak yang langsung terpikir tentang Bangkok, Thailand. Ya, kota ini memang terkenal dengan pasar-pasar malamnya yang ramai serta harga-harga yang cukup terjangkau.

Nah, di balik ramainya pasar dan keramaian kota Bangkok, ada sebuah peluang bisnis yang cukup menarik untuk dikerjakan, yaitu bisnis jastip atau jasa titip. Bisnis ini memungkinkan kita untuk membeli barang dari Bangkok untuk orang lain yang ada di Indonesia. Tentunya setelah membelikan barang seperti ini kita akan mendapatkan imbalan dengan besaran tertentu.

Saat ini banyak sekali para wisatawan yang pergi ke Bangkok, Thailand sambil berbisnis jastip. Sehingga biaya yang mereka keluarkan untuk berwisata akan tertutupi dari keuntungan bisnis jastipnya. Menarik sekali bukan?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi potensi bisnis jastip dari Bangkok ke Indonesia, berapa keuntungannya, berapa biayanya, barang-barang yang biasa dipesan, serta tempat-tempat terbaik untuk berbelanja di Bangkok.

Berapa Keuntungan Bisnis Jastip dari Bangkok?

Ada beberapa produk yang biasanya menjadi favorit untuk di jastip. Biasanya para pelanggan akan sangat tertarik dengan produk fashion wanita, skincare bahkan sampai produk-produk modifikasi dan variasi otomotif.

Kita ambil contoh produk pakaian. Pakaian wanita seperti kemeja wanita, kardigan atau blouse jika kita beli di Bangkok, harganya hanya di kisaran Rp 70.000 hingga Rp 80.000 saja dengan kualitas yang sangat bagus dan tentu dengan mode yang kekinian.

Banyak sekali para jastiper yang kemudian menjualnya d harga Rp 150.000 hingga Rp 200.000. Ini sangat menarik bukan? Anda punya potensi keuntungan hingga 100% dan bahkan lebih!

baca juga: Peningkatan Bisnis UMKM Melalui Komunikasi Efektif

Dimana kita bisa berbelanja produk murah di Bangkok?

Tempat belanja di Bangkok akan menyesuaikan dengan produk yang ingin kita beli. Untuk produk Fashion, tempat favorit belanja para jastiper adalah di Pasar Pratunam, Mall Platinum, MBK Center atau Krung Thong Plaza. Bahkan jika ingin lebih murah lagi, para jastiper biasanya berburu produk fashion di Morning Market dan Night Market di Bangkok.
Sementara untuk produk-produk skincare, biasanya para jastiper asal Indonesia banyak membeli produk di Beautrium, Beauty Buffet, Hej Street Beauty, Eve and Boy dan juga Boots di kota Bangkok. Dan untuk produk modifikasi dan variasi motor, biasanya dapat kita beli Poonsap Market.

Apa saja yang harus diperhatikan ketika belanja di Bangkok?

Perlu diingat bahwa untuk belanja di Bangkok itu menggunakan mata uang Baht, sehingga transaksi dengan pedagang disana tidak bisa menggunakan Dollar apalagi Rupiah. Untuk menukar mata uang Anda ke dalam Baht Anda bisa persiapkan itu sejak di Indonesia dengan mengunjungi Money Changer.

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah tempat dimana Anda tinggal selama di Bangkok. Biasanya para Jastiper akan memesan hotel yang dekat dengan tempat dimana Anda belanja. Karena mereka biasanya memanfaatkan kamar hotel sebagai ‘gudang sementara’ sebelum mereka mengirimkan barangnya ke Indonesia, maka Anda perlu cari hotel yang tidak terlalu jauh supaya Anda mudah menyimpan barang setelah banyak berbelanja. Anda tidak perlu khawatir, sudah banyak hotel yang mengizinkan untuk jadi tempat menyimpan barang seperti ini.

Bagaimana cara memasukan produk tersebut ke Indonesia?

Jika kamu adalah jastiper pemula, Kamu sebetulnya dapat memanfaatkan bagasi pesawat selagi kamu berwisata ke Bangkok. Akan tetapi jika kamu ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar, tentu saja kamu tidak bisa mengandalkan bagasi pesawat saja yang hanya dapat memuat sekitar 5-10 Kg barang saja.

Solusinya adalah dengan menggunakan jasa Cargo thailand ke Indonesia yang dapat membawa barang dari puluhan bahkan ratusan kilogram. Jika menggunakan jasa cargo seperti itu, Kamu akan didampingi dalam mengurus dokumen untuk masuk ke Indonesia. Biaya yang diperlukan untuk mengirim barang menggunakan cargo ada di kisaran Rp 80.000 hingga Rp 90.000 untuk setiap kilogram barang yang kamu kirim.

Bagaimana cara memasarkan jasa jastip saya?

Saat ini banyak sekali para jastiper yang memasarkan jasanya via Sosial Media, khususnya Tiktok dan Instagram. Mereka bahkan memanfaatkan fitur live streaming di kedua platform tersebut, sehingga para jastiper bisa berbelanja sambil berinteraksi langsung dengan para pelanggannya. Banyak juga para jastiper yang menjual barangnya platform ecommerce seperti Tokopedia dan Shopee, bahkan tidak sedikit yang melakukannya secara live.

Untuk Anda yang masih pemula, tentu cara paling mudah adalah dengan menawarkannya ke teman atau sanak saudara terlebih dahulu. Kita bisa memanfaatkan whatsapp status dan juga Instagram Story untuk memasarkan jasa kita.

Penutup

Bisnis jastip Bangkok menjadi peluang bagi para traveler yang suka berwisata sambil berbelanja, ini tentu menjadi peluang bisnis yang menggiurkan meskipun untuk melakukannya, Anda harus rela meluangkan waktu untuk terbang ke Bangkok Thailand. Dengan memahami keuntungan, biaya yang perlu dikeluarkan, barang-barang yang biasa dijastip dari Bangkok ke Indonesia, serta persiapan sebelum berangkat, semoga para calon jastiper dapat termotivasi dan menjalankan bisnis dengan lebih lancar dan efektif.