Jelajah Cita-Cita 2024: Mengenal Ragam Profesi Secara Inklusif

Ragam Profesi Inklusi
Ragam Profesi Inklusi

Setelah sukses dengan penyelenggaraan serentak di 32 lokasi pada Desember 2022, acara Jelajah Cita-Cita (JCC) kembali hadir pada tahun 2024.

JCC merupakan agenda dwitahunan dari Komunitas Ibu Profesional. Kini mengusung tagline “Wujudkan Cita untuk Semua” dan menyemarakkan Hari Anak Nasional dengan penekanan pada inklusivitas dan eksplorasi ragam profesi.

Acara ini dilaksanakan secara online dan offline oleh 36 regional Ibu Profesional, menargetkan peserta anak-anak usia 4 hingga 15 tahun.

Septi Peni Wulandani, founder Komunitas Ibu Profesional, membuka acara Jelajah Cita-Cita 2024 dengan pernyataan penuh semangat mengenai pentingnya inklusivitas dalam pendidikan anak. “Setiap anak, tanpa memandang latar belakang, difabel, atau kondisi lainnya, memiliki hak dan potensi untuk bermimpi dan mencapai cita-citanya,” ujar Septi.

Ia mengungkapkan rasa terimakasih pada panitia, pendukung acara dan seluruh stakeholder yang sudah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, “Artinya teman-teman memberikan ruang keberanian untuk anak-anak tidak hanya berimajinasi melainkan juga untuk bercita-cita tinggi.”

Talkshow Parenting JCC 2024 Ibu Profesional Malang Raya
Talkshow Parenting JCC 2024 Ibu Profesional Malang Raya

Format hybrid ini dirancang untuk menjangkau anak-anak di daerah-daerah yang sulit diakses secara fisik, seperti NTT, NTB, dan Papua. Melalui platform digital, anak-anak dapat mengeksplorasi berbagai profesi dari rumah mereka, memanfaatkan teknologi untuk memperluas wawasan mereka.

Sementara itu, JCC offline diadakan pada 28 Juli 2024 di berbagai lokasi di seluruh Indonesia, termasuk Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, dan Kalimantan. Untuk area Malang Raya, kegiatan ini dilaksanakan di GKB 4, Lt. 9 UMM.

Menurut Lilik Herawati selaku Ketua Pelaksana JCC ke-4 Malang Raya, “Total ada sekitar 232 peserta dari wilayah Malang Raya dan Pasuruan. Mereka sangat antusias apalagi banyak profesi yang tidak biasa. Bahkan saat hari H masih ada yang menanyakan pendaftaran.”

Acara offline ini memungkinkan anak-anak untuk mengalami langsung berbagai profesi melalui kunjungan lapangan dan interaksi dengan para profesional di bidangnya.

Jelajah Cita-Cita 2024 memiliki sejumlah fitur baru yang menekankan aspek inklusivitas dan keterlibatan anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Beberapa solusi inklusif yang diperkenalkan dalam acara ini antara lain akses informasi luas tentang berbagai profesi, pengalaman praktis dalam eksplorasi profesi, serta dukungan untuk pengembangan bakat dan minat anak-anak.

Jelajah Cita-Cita 2024
Jelajah Cita-Cita 2024

“Akses informasi yang luas adalah kunci untuk mengatasi minimnya pengetahuan yang sering dialami anak-anak mengenai berbagai profesi,” jelas Septi Peni. “JCC menyediakan platform untuk eksplorasi yang lebih mendalam, baik secara langsung maupun melalui media digital.”

JCC juga menekankan pentingnya pengenalan nilai inklusivitas. Anak-anak dari berbagai latar belakang berkesempatan untuk berpartisipasi dalam acara ini, belajar menghargai perbedaan dan keragaman.

Jelajah Cita-Cita 2024 di Malang Raya menyajikan beberapa jenis kegiatan, diantaranya: Tour De Talent, Talent Show, dan Talkshow Parenting.

Antusiasme terlihat dari para peserta pada event JCC di Malang Raya dan respons positif terhadap berbagai kegiatan yang dirancang untuk merangkul semua anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Mawar Firdausi, salah satu orangtua peserta Jelajah Cita-Cita 2024 Malang Raya, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pelaksanaan acara ini. “JCC selalu jadi acara yang dinantikan anak-anak saya setiap tahun. Barakallah. Tadi anak-anak sangat excited menceritakan pengalamannya, menunjukkan hasil karyanya, dan sempat meminta balik ke journey karena masih susah move on,” ujarnya.

Mawar juga menyoroti betapa menyentuhnya tema inklusivitas tahun ini. “Saya juga salut dengan tema tahun ini yang lebih inklusif. Tadi tidak bisa menahan nangis waktu anak-anak difabel naik panggung. Terharu juga saat anak saya lari-lari ke saya dan menunjukkan kalau dia sudah bisa menyebutkan namanya dalam bahasa isyarat.”

Baca juga: Komunitas Ibu Profesional Sukses Selenggarakan Konferensi Perempuan Indonesia 2023

Seperti yang diungkapkan oleh Anis Lotus, salah satu orang tua peserta JCC Malang Raya, “Alhamdulillah terimakasih untuk Ibu Profesional telah menyelenggarakan acara sekeren ini. Jadi saya nggak ragu sama sekali untuk mendaftarkan anak saya untuk yang kedua kalinya.”

Ibu Profesional Wujudkan Cita Untuk Semua
Ibu Profesional Wujudkan Cita Untuk Semua

Jelajah Cita-Cita 2024 mengusung berbagai kegiatan edukasi yang interaktif dan menarik, seperti kunjungan ke lokasi profesi dan forum dengan talenta profesional.

Dengan adanya kesempatan hands-on dan interaksi langsung, anak-anak tidak hanya belajar teori, tetapi juga merasakan pengalaman praktis yang memperkaya pengetahuan mereka.

“Langkah kecil yang diambil hari ini akan berdampak besar pada masa depan mereka,” ungkap Septi Peni. “Mari berkolaborasi dan bekerja sama demi kesuksesan dan pencapaian tujuan jangka panjang mereka.”

Dengan core value belajar, berkembang, berkarya, berbagi, dan berdampak, Ibu Profesional terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas diri anggotanya dalam peran sebagai individu, istri, dan ibu. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.ibuprofesional.com.