Malang  

Pj Wali Kota Malang, Pastikan Kesiapan Pemkot Malang untuk Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Pj Wali Kota Malang, siapkan Pemkot Malang untuk sukseskan Pilkada Serentak 2024.
Foto: Tangkapan Layar malangkota.go.id

Keberhasilan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 bukan hanya tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), tetapi juga pemerintah daerah.

Pemerintah Kota Malang bersiap menyukseskan Pilkada Serentak pada 27 November 2024, yang terlihat dari Sosialisasi Kesiapan Pemkot Malang di Hotel Aria Gajayana pada 9 Oktober 2024.

Penjabat (Pj)  Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan, menggarisbawahi pentingnya koordinasi dan komunikasi antarinstansi agar semua pihak memahami perannya dan pelaksanaan Pilkada di Malang berjalan lancar dan kondusif seperti sebelumnya.

Baca Juga: Persoalan TPS Muharto: DLH Kota Malang Akan Segera Perbaiki

“Kedua, yakni melakukan kesiapan logistik yang merupakan aspek krusial dalam pelaksanaan Pilkada. Kemudian yang ketiga, melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi potensi kerawanan di dalam penyelenggaraan pilkada, khususnya di wilayah kecamatan dan kelurahannya masing-masing,” tuturnya.

Keempat, Iwan menekankan pentingnya pengawasan di setiap tahapan pilkada, hal ini di lakukan melalui pertemuan dan koordinasi intensif dalam Pilkada Serentak 2024 di Kota Malang.

Beberapa perangkat daerah Pemkot Malang yang berkontribusi dalam persiapan pilkada antara lain Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, serta camat dan lurah sebagai ujung tombak.

“Bapak Ibu camat dan lurah melakukan sosialisasi dan komunikasi yang intensif kepada masyarakat di wilayahnya. Memberikan kesadaran, pemahaman, ajakan pada masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pilkada Kota Malang 2024. Tentunya senantiasa melakukan sosialisasi yang terus menerus kepada masyarakat kita, kepada jajaran sesuai dengan levelnya masing-masing,” jelasnya.

Baca Juga: Rakor Tim Penanggulangan untuk Turunkan Angka Kemiskinan di Kabupaten Malang

Iwan berpesan agar sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin di perkuat.

Ia juga menekankan pentingnya memberikan perhatian kepada petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang di harapkan telah terlindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan.

“Tak lupa kami mengingatkan kembali kepada seluruh jajaran ASN untuk selalu bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada Serentak,” pungkasnya.

(***)