Kalian Harus Tahu, Apasih Makanan Sehat Itu?

Makanan sehat ialah makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kegunaan makanan sehat ini ialah untuk menjaga dan memastikan fungsi organ dengan baik.

Makanan sehat tentunya mengandung berbagai macam nutrisi. Syarat menjadi makanan sehat atau bisa disebut 4 sehat 5 sempurna, yaitu bersih, bergizi tinggi dan seimbang. Keseimbangan pada makanan sehat ialah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin yang cukup.

Kalian dapat mendapatkan nutrisi untuk tubuh dari berbagai jenis makanan sehat. Sangat disarankan untuk mengonsumsi beragam menu yang dapat menunjang pertumbuhan serta perkembangan tubuh.

Berikut jenis pilihan makanan sehat :

  1. Sayur – mayur

Sayuran hijau ialah makanan sehat yang memiliki kandungan nutrisi lengkap. Contoh dari sayuran hijau ialah brokoli. Brokoli kaya akan serat, kalsium, kalium, folat, dan fitonutrien. Zat-zat di atas mengandung senyawa yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Sebanyak 100 gram brokoli, misalnya, dapat memberikan 150 persen dari asupan harian yang cukup untuk vitamin C. Demikian pula, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kubis memiliki manfaat dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2. Bayam, sebagai contoh, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi saat direbus dan juga merupakan sumber vitamin A, B6, C, E, dan K.

  1. Buah – buahan

Buah juga sangat penting untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Contoh buah yang memiliki kandungan vitamin yang tinggi ialah, buah apel berada di urutan pertama karena memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin C, dan antioksidan. Buah jeruk kaya akan Vit C. Pada urutan kedua ialah buah jeruk, buah ini kaya akan vitamin C. Yang ketiga ialah alpukat, buah ini memiliki kandungan tinggi lemak sehat, kalium, dan vitamin C. Berikutnya ialah pisang. Pisang ialah salah satu buah yang memiliki kalium. Terakhir ialah buah berry (blueberry dan strawberry) yang memiliki kandungan antioksidan, serat yang tinggi, serta rendah kalori.

  1. Daging dan telur

Kalian dapat memilih daging merah (sapi) sebagai salah satu sumber protein dan zat besi tinggi. Selain itu, telur juga memiliki kelebihan karena memiliki nutrisi lengkap yaitu protein dan asam amino essensial dan non essensial yang lengkap dengan vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh.

  1. Kacang – kacangan dn biji – bijian

Kacang dan biji – bijian sangat kaya akan mineral yang penting untuk tubuuh. Keduanya mengandung magenesium dan vitamin E. Selain itu, kacang – kacangan juga merupakan sumber protein nabati yang baik bagi mereka yang vegetarian.

baca juga : Pesan Makanan Online

  1. Ikan

Ikan ialah sumber asam lemak omega-3 dan yodium. Dengan mengonsumsi ikan dapat menurunkan resiko terhadap berbagai macam penyakit seperti, penyakit jantung dan cenderung berumur panjang. Katanya kalau suka makan ikan juga akan membuat kita cerdas.

  1. Susu

Yang terakhir ialah susu. Susu sendiri memiliki kandungan tinggi mineral, protein hewani, lemak sehat, serta vitamin. Susu juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Ada banyak olahan susu yang dapat kita konsumsi, salah satunya adalah yoghurt. Yoghurt adalah olahan susu yang mengalami proses fermentasi dan mengandung bakteri baik yang bermanfaat bagi pencernaan kita.

Demikianlah beberapa jenis makanan sehat yang sebaiknya kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Perbaiki pola makan kita karena sehat itu mahal ya teman – teman!

baca juga artikel kami lainnya Kuliner Dekat Stasiun Malang, Jangan Lupa Cobain Ini!