Pahami Cara Memadukan Warna Baju dengan Gaya dan Percaya Diri

Cara memadukan warna baju

Fashion di Indonesia telah mengalami perubahan yang signifikan pada beberapa dekade terakhir ini. Perubahan tersebut membuahkan peningkatan yang sangat pesat pada industri fashion. Banyak desainer lokal yang telah mendapatkan pengakuan pada tingkat internasional. Untuk mengikuti fashion yang semakin berkembang, Kalian harus tahu cara memadukan warna baju agar tetap terlihat indah.

Memadukan warna baju merupakan seni yang menarik. Tentunya banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, termasuk gaya pribadi, warna kulit, dan event yang akan dihadiri.

Tips Memadukan Warna Baju

Memadu padankan baju adalah salah satu hal yang gampang-gampang susah. Akan tetapi tips ini akan mempermudah memadukan warna baju kalian. Yuk simak lebih lanjut!

  1.     Roda Warna

Roda warna atau lingkaran warna adalah representasi grafis yang mencoba mengatur warna sesuai dengan nada masing-masing. Roda warna sendiri memiliki warna primer yaitu merah, kuning, dan biru. Sedangkan warna sekundernya terdiri dari oranye, ungu, dan hijau.

Warna yang terdapat bersebelahan di roda warna biasanya cocok satu sama lain, sedangkan warna yang berlawanan satu sama lain atau dapat disebut kontras sering menciptakan tampilan yang menarik.

  1.     Palet Warna

Palet warna adalah sekumpulan warna yang digunakan dalam sebuah nuansa. Contohnya seperti, palet warna alam seperti biru langit, hijau daun, dan tanah cokelat. Warna yang ada di palet bisa menjadi pedoman yang bagus.

  1.     Neutrals

Neutrals atau warna netral adalah warna yang berfungsi sebagai nuansa latar belakang yang lembut, yang dapat dengan mudah untuk dipadukan dengan warna lainnya yang lebih kuat. Hitam, putih, abu-abu, dan krem adalah warna netral yang bagus untuk dipadukan dengan warna lain yang cerah.

  1.     Kontras

Warna kontras merupakan warna yang dihasilkan dari perpotongan titik tengah segitiga warna sehingga menghasilkan kesan warna yang berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa memberikan tampilan yang menarik. Seperti warna biru dan oranye, merah dan hijau, atau ungu dan kuning.

  1.     Warna Kulit

Mengetahui warna kulit akan memudahkan Kalian dalam memilih warna baju yang akan di gunakan. Selain itu kalian dapat memilih warna yang sekiranya membuat lebih memukau.

  1.     Event

Event atau tempat yang hendak di kunjungi dapat menjadi pertimbangan saat memilih baju. Kalian dapat menyesuaikan penampilan sesuai dengan acara yang akan di kunjungi seperti acara formal, semi formal, dan informal.

Baca juga: Miris! Penyiksaan Kejam Terhadap Bocah 7 Tahun di Malang

  1.     Eksperimen

Tidak perlu takut dalam bereksperimen pada fashion. Kalian dapat memadu padankan pakaian yang hendak digunakan.

  1.     Mengikuti Tren Mode

Tren mode fashion selalu berkembang setiap harinya. Kalian dapat mencari inspirasi untuk menerapkannya pada fashion Kalian. Namun, jangan sampai melupakan kenyamanan dan kepercayaan diri dalam apa yang Kalian kenakan. Karena kenyamanan dapat menambah kepercayaan diri Kalian.

Tren mode berkembang seperti roda yang berputar. Sangat mungkin terjadi tren yang ada pada zaman dahulu kembali naik daun lagi.

Trend mode yang masih berlanjut pada tahun 2023

  1.     Gaya Retro

Gaya retro merupakan konsep yang pernah populer pada tahun 1930 hingga 1970. Akan tetapi pada saat ini tren ini kembali muncul dan banyak masyarakat yang menggunakan fashion tersebut. Demi mendukung fashion dengan gaya ini, banyak masyarakat yang membeli pakaian dari thrift.

  1.     Thrift dan Secondhand

Thrift dan secondhand merupakan barang bekas yang di jual kembali. Banyak masyarakat melakukan thrifting atau membeli baju bekas untuk mendukung fashion yang sedang tren sekarang. Baju yang di jual pun sangat beragam modelnya. Tidak hanya gaya retro saja akan tetapi vintage juga ada.

Thrift dan secondhand dapat menjadi pilihan bagi kalian penikmat serta pengguna fashion agar tetap  mengikuti trend yang sedang populer.

  1.     Formal dan Kasual yang Fleksibel

Formal dan kasual adalah dua nuansa yang berbeda. Pada suasana yang semakin berubah ini, pakaian yang dapat di gunakan dalam berbagai situasi mungkin akan terus populer. Contohnya seperti pakaian formal yang dapat di pakai dalam konteks kasual.

Setelah membaca tips dan tren mode di atas kalian dapat mempraktekkannya. Tentunya dapat mempermudah kalian dapat memadukan warna baju.