Tips Public Speaking ala Linda Amalia, Jago Bicara Bukan Asal Bicara

MALANG, 19 Oktober 2023Kemampuan berbicara di depan banyak orang (public speaking) adalah salah satu keterampilan yang penting dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Untuk membantu Anda meningkatkan keterampilan ini, Co-working Space EJSC Malang sukses mengadakan workshop yang bertajuk “Public Speaking: Jago Bicara Bukan Asal Bicara”.

Workshop yang berlangsung pada Rabu, 18 Oktober 2023, ini dihadiri 40 peserta yang terpilih dari kurang lebih 100 individu yang mendaftar.

Peserta yang hadir berasal dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa, content creator, dan para penggemar dunia entertain.

Acara ini dibuka oleh Bapak Asep Kusdinar , S. Hut, M.H., selaku kepala Bakorwil Malang. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia yang diikuti oleh para peserta, kemudian sambutan dari Andhi Prasetyo, yang merupakan Advisor EJSC Malang.

Foto bersama di kegiatan EJSC Malang, Workshop Public Speaking

Bapak Asep menyampaikan, “Workshop ini membantu para peserta yang hadir untuk mengatasi ketakutan berbicara di depan umum, dan membekali mereka dengan teknik-teknik yang efektif untuk berbicara dengan percaya diri.”

Acara ini berlangsung di Co-working Space EJSC, beralamat di Simpang Ijen No. 2 Malang. Kegiatan ini menarik perhatian peserta, terutama dari kalangan mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan public speaking mereka.

Pada kesempatan yang berharga tersebut, peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar dari seorang pembicara ahli yang memiliki pengalaman luas dalam public speaking, yaitu Linda Amalia atau yang akrab dipanggil mbak Linda.

Lulusan Politeknik Negeri Malang yang sekarang merupakan seorang public speaker itu mengaku sudah sejak kecil menggeluti dunia entertainment, Ia juga pernah menjadi penyiar radio swasta di kota Batu.

Lewat materi yang disampaikannya, peserta diberikan panduan tentang cara mengorganisasi materi presentasi, teknik mengelola kecemasan panggung, serta tips untuk berkomunikasi dengan baik dan efektif. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk berlatih langsung di depan khalayak dan menerima pengalaman lebih.

Pak Andhi, selaku Advisor EJSC Malang mengungkapkan, “ Workshop ini merupakan peluang untuk temen-temen yang hadir,  agar mereka lebih pede untuk perform. Dan ketika menghadapi kondisi tertentu seperti pidato, interview, MC, yang konteksnya berbicara di depan orang, bisa bicara dengan baik”. 

Beliau juga menambahkan bahwa workshop yang sering diselenggarakan di Co-working Space EJSC Malang ini menjadi wadah yang ideal bagi individu yang ingin meningkatkan kemampuan berbicara mereka. 

Peserta yang hadir diharapkan dapat mengambil manfaat maksimal dan meningkatkan keterampilan public speaking mereka, yang tentunya akan membuka berbagai peluang dalam karier dan kehidupan sehari-hari.

Mbak Linda selaku pemateri pada workshop ini mengungkapkan bahwa tema yang diusung termasuk mudah, “Jago bicara bukan asal bicara ini sebenernya adalah tema yang mudah banget,” ungkapnya. 

Tema ini diusung karena semua orang pasti memiliki basic dalam berbicara akan tetapi belum tentu jago. Oleh karena itu sebelum kita berbicara di depan masa, kita harus tahu siapa audiensnya. 

“Nah makanya kita gak boleh tuh asal bicara karena kita harus tau siapa audien kita. Kita harus pakai bahasa yang seperti apa kemudian pokok atau ide utama yang pengen kita sampaikan di pertemuan itu apa, gitu loh” tambah Mbak Linda. 

Acara ini ditargetkan untuk berbagai kalangan masyarakat, terutama lulusan SMA yang akan memulai ke jenjang berikutnya, entah itu di dunia kerja atau perkuliahan.

“Sebenernya mereka tuh sudah bisa basic public speakingnya, dan biar ilmunya ketambahan” ungkap Linda.

EJSC sebagai penyelenggara acara ini berharap agar tetap memiliki program-program menarik, “kita tidak hanya mengajak masyarakat untuk datang kesini, tapi tim EJSC juga keluar dengan program-program yang kita bikin” ungkap Andhi yang merupakan Advisor EJSC 

Tim EJSC juga mengungkapkan bahwa program-program seperti EJSC goes to school, EJSC goes to pesantren, EJSC goes to kampus dibuat untuk teman-teman yang ingin belajar suatu hal dan memiliki bakat dibidangnya. Seperti public speaking, desain, atau keahlian lainnya.