Quotes dari Baden Powell dan Asal-Usul Hari Pramuka Sedunia

bapak pramuka sedunia Baden Powell
bapak pramuka sedunia Baden Powell (dok.istimewa)

Kita memperingati Hari Kepanduan Dunia atau hari Pramuka Sedunia setiap tanggal 22 Februari. Hari ini dipilih dari tanggal kelahiran Bapak Pramuka Dunia, yakni Robert Baden Powell.

Baden Powell merupakan otak di balik berdirinya World Organization of the Scout Movement (WOSM), organisasi kepanduan global yang kini populer sebagai Gerakan Pramuka di Indonesia.

Nama lengkapnya adalah Lord Robert Stephenson Smyth Baden Powell of Gilwell, dan ia lahir di London pada 22 Februari 1857. Bersama istrinya, Olave Soames, mereka membentuk dasar bagi gerakan yang kini melibatkan jutaan anak muda di seluruh dunia.

Baca juga: 5 Rekomendasi Pantai Malang Selatan dengan Pemandangan Bagus

Asal-Usul Gerakan Kepanduan

Baden Powell pergi ke India pada tahun 1876 sebagai seorang tentara muda yang ahli dalam pengintaian, pembuatan peta, dan pemeriksaan. Pengalamannya melatih tentara di India dan tugasnya di Balkan, Afrika Selatan, dan Malta.

Pengalaman Baden Powell yang membentuk dasar keahlian dan keberanian menjadi ciri khas pramuka atau Boy Scouts. Contohnya ketika membela Kota Mafeking selama 217 hari selama Perang Boer.

Pada saat perang Boer, Baden Powell menulis buku “Aids to Scouting” sebagai panduan untuk tentara Inggris dalam melakukan tugas penyelidikan. Kemudian Powell dan sekelompok pemuda menguji coba panduan dalam buku dengan mengadakan perkemahan di Pulau Brownsea pada tahun 1907.

Buku Scouting for Boys dan Girl Guides

“Scouting for Boys” merupakan buku berikutnya yang dipublikasikan pada tahun 1908. Buku ini memiliki terjemahan ke berbagai bahasa dan menjadi panduan resmi bagi gerakan kepanduan yang berkembang pesat di berbagai negara.

Organisasi kepanduan dari berbagai negara berkumpul dalam Jambore Kepanduan Dunia pertama di Olympia, London pada tahun 1920. Pada acara tersebut, Sir Robert Baden Powell diakui sebagai Bapak Pandu Sedunia.

Maka dari itu, setiap tahun di tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Baden Powell untuk mengenang peran besarnya.

Setelah suksesnya perkemahan di Brownsea, Baden Powell menulis buku “Scouting for Boys” pada tahun 1908, yang menjadi panduan resmi Boy Scouts. Gerakan ini berkembang pesat, dan atas bantuan Agnes, adik perempuan Baden Powell organisasi kepanduan putri, Girl Guides, bisa terbangun.

Baden Powell diangkat sebagai Chief Scout of The World pada akhir Jambore Dunia pertama di Olympia, London pada 6 Agustus 1920. Selama hidupnya, ia aktif memimpin dan mengembangkan gerakan kepanduan hingga wafat pada 8 Januari 1941 di Kenya.

Baca juga: Review Buku Filosofi Teras: Pemahaman Mendalam tentang Kearifan Hidup

Quotes Inspiratif dari Baden Powell

Ini dia kata bijak atau quotes Baden Powell dalam bahasa Inggris dan artinya untuk memperingati hari pramuka sedunia:

  1. “A week of camp life is worth six months of theoretical teaching in the meeting room.”
    Artinya: “Kehidupan perkemahan selama seminggu setara dengan 6 bulan pengajaran teoritis di ruang pertemuan.”
  2. “The most worthwhile thing is to try to put happiness into the lives of others.”
    Artinya: “Hal yang paling berharga adalah mencoba menyebarkan kebahagiaan dalam kehidupan orang lain.”
  3. “We must change boys from a ‘what can I get’ to a ‘what can I give’ attitude.”
    Artinya: “Kita harus mengubah etika laki-laki dari ‘apa yang bisa saya dapat’ menjadi ‘apa yang bisa saya beri’.”
  4. “Try and leave this world a little better than you found it, and when your turn comes to die, you can die happy in feeling that at any rate, you have not wasted your time but have done your best.”
    Artinya: “Berusaha dan tinggalkan dunia ini lebih baik daripada saat Anda menemukannya, dan ketika giliran Anda untuk mati tiba, Anda dapat mati bahagia dengan merasa bahwa setidaknya, Anda tidak telah menyia-nyiakan waktu Anda tetapi telah melakukan yang terbaik.”
  5. “A Scout smiles and whistles under all circumstances.”
    Artinya: “Seorang Pramuka tersenyum dan bersiul dalam segala keadaan.”
  6. “The uniform makes for brotherhood, since when universally adopted it covers up all differences of class and country.”
    Artinya: “Seragam menciptakan persaudaraan, karena ketika tersambut secara universal, itu menutupi semua perbedaan kelas dan negara.”
  7. “The real way to gain happiness is to give it to others.”
    Artinya: “Cara sejati untuk mencapai kebahagiaan adalah memberikannya kepada orang lain.”
  8. “The more responsibility the Scoutmaster gives his patrol leaders, the more they will respond.”
    Artinya: “Semakin banyak tanggung jawab yang pembina berikan kepada pemimpin patroli, semakin mereka akan merespons.”
  9. “A Scout is never taken by surprise; he knows exactly what to do when anything unexpected happens.”
    Artinya: “Seorang Pramuka tidak pernah terkejut; dia tahu persis apa yang harus ia lakukan ketika ada sesuatu yang tak terduga.”

Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Timur, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id