Rendra Masdrajad Safaat

Keutamaan dan Makna Malam Lailatul Qadar

Keutamaan dan Makna Malam Lailatul Qadar (Image Source: Wartajatim/Putri)
Keutamaan dan Makna Malam Lailatul Qadar (Image Source: Wartajatim/Putri)

WARTAJATIM.co.id – Malam Lailatul Qadar, yang dikenal sebagai malam kemuliaan, merupakan salah satu momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Malam yang terletak di sepuluh terakhir bulan Ramadan ini dipercayai sebagai malam di mana Al-Quran diturunkan ke dunia oleh Allah SWT melalui Jibril.

Malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang sangat istimewa dalam Islam. Dalam hadits riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berdiri (sholat) pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala, niscaya dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari-Muslim)

Internship Warta Jatim

Selain itu, dalam Surah Al-Qadr ayat 1-3, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

Baca Juga Kenikmatan berbuka puasa di Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang

Makna dari malam Lailatul Qadar adalah pentingnya waktu dan amalan dalam hidup seorang Muslim. Meskipun hanya dilaksanakan dalam satu malam, keutamaan dari malam ini dapat menumbuhkan semangat dan memotivasi umat Islam. Tentu untuk melakukan amalan yang baik dan berbuat kebaikan selama Ramadan.



Selain itu, malam ini juga memberikan makna tentang kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya. Allah SWT memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk memperbaiki dirinya dan meraih kebaikan di malam yang sangat istimewa ini.

Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita diwajibkan untuk memperbanyak amalan baik di malam yang mulia ini. Amalan yang dapat dilakukan antara lain sholat sunnah, membaca Al-Quran, bersedekah, berdoa, dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Amalan dan Doa yang Dianjurkan di Malam Lailatul Qadar

Malam yang diyakini sebagai malam turunnya Al-Quran tersebut dianggap sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Oleh karena itu, malam ini menjadi malam yang sangat istimewa bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Baca Juga  Gamers Wajib Tahu! 7 Konsol Nintendo yang Unik dan Inovatif

Baca Juga Masyarakat Gaza Palestina Mulai Gunakan Masjid Syeikh Azlin Karya Ridwan Kamil untuk Sholat Tarawih

Selama Lailatul Qadar, ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan untuk dilakukan agar kita bisa meraih keberkahan dan kemuliaan yang tersedia di malam tersebut. Berikut adalah beberapa amalan dan doa yang dianjurkan:

  1. Membaca Al-Quran
    Membaca Al-Quran merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan selama Lailatul Qadar. Hal ini dikarenakan malam tersebut merupakan malam turunnya Al-Quran. Oleh karena itu, selama malam tersebut, kita bisa mengisi waktunya dengan membaca Al-Quran, baik secara pribadi maupun secara berjamaah.
  2. Shalat Tarawih dan Shalat Sunnah
    Shalat Tarawih dan shalat sunnah juga sangat dianjurkan dilakukan selama malam Lailatul Qadar. Shalat Tarawih biasanya dilaksanakan setelah shalat Isya, dan kita bisa melaksanakannya di masjid atau di rumah. Sedangkan shalat sunnah bisa dilaksanakan setelah shalat Tarawih atau pada waktu-waktu tertentu.
  3. Berdoa dan Bersedekah
    Selama Lailatul Qadar, kita juga dianjurkan untuk berdoa dan bersedekah. Kita bisa berdoa memohon ampunan dan keberkahan, serta bersedekah kepada yang membutuhkan. Hal ini akan memberikan manfaat yang besar bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain.
  4. Berzikir
    Berzikir atau mengingat Allah SWT juga sangat dianjurkan selama malam Lailatul Qadar. Kita bisa mengisi waktu dengan berzikir, baik secara pribadi maupun secara berjamaah. Berzikir juga dapat membantu kita meraih ketenangan hati dan kedamaian jiwa.
  5. Membaca Doa Lailatul Qadar
    Doa di malam ini juga sangat dianjurkan untuk dibaca selama malam tersebut. Doa ini bisa membantu kita memperoleh keberkahan dan kemuliaan yang tersedia di malam yang mulia. Doa Lailatul Qadar juga bisa dibaca setiap malam ramadhan untuk mendapatkan manfaat yang sama.
Baca Juga  Bikin Nostalgia! Ini 10 Game PS2 yang Mengingatkan Masa Kecil

Malam Lailatul Qadar memang merupakan malam yang sangat istimewa bagi seluruh umat Islam. Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan waktu tersebut dengan melakukan amalan-amalan yang dianjurkan di atas. Dengan begitu, kita bisa meraih keberkahan dan kemuliaan yang tersedia di malam yang penuh berkah.



Media Partner Warta Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *