Wartajatim
Beranda Berita Keutamaan dan Makna Malam Lailatul Qadar

Keutamaan dan Makna Malam Lailatul Qadar

Keutamaan dan Makna Malam Lailatul Qadar (Image Source: Wartajatim/Putri)

WARTAJATIM.co.id – Malam Lailatul Qadar, yang dikenal sebagai malam kemuliaan, merupakan salah satu momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Malam yang terletak di sepuluh terakhir bulan Ramadan ini dipercayai sebagai malam di mana Al-Quran diturunkan ke dunia oleh Allah SWT melalui Jibril.

Malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang sangat istimewa dalam Islam. Dalam hadits riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berdiri (sholat) pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala, niscaya dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari-Muslim)

Selain itu, dalam Surah Al-Qadr ayat 1-3, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

Baca Juga Kenikmatan berbuka puasa di Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang

Makna dari malam Lailatul Qadar adalah pentingnya waktu dan amalan dalam hidup seorang Muslim. Meskipun hanya dilaksanakan dalam satu malam, keutamaan dari malam ini dapat menumbuhkan semangat dan memotivasi umat Islam. Tentu untuk melakukan amalan yang baik dan berbuat kebaikan selama Ramadan.



Halaman: 1 2
Komentar
Bagikan:

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan