Wisata  

Mercusuar Bangkalan: Peninggalan Sejarah yang Indah dan Kokoh

Mercusuar Bangkalan

Mercusuar Bangkalan sudah lama berdiri, yaitu sejak tahun 1879. Walau jadi monumen bersejarah, pengunjung diperbolehkan berfoto di tempat ini. Menurut Wikipedia, peninggalan sejarah ini juga dikenal dengan nama Mercusuar Sembilangan atau Mercusuar Ujung Slempit.

Dulu, mercusuar ini berfungsi sebagai navigasi dan penerangan bagi kapal-kapal yang berlayar di Selat Madura menuju ke Pelabuhan Surabaya. Mercusuar ini menjadi alat bantu kapal agar bisa menghindari batu karang.

Dulu, pengunjung boleh masuk ke dalam mercusuar dan naik sampai ke lantai atas. Tapi sekarang pengunjung tidak dibolehkan masuk ke dalam mercusuar lagi sebagaimana dinyatakan dalam situs Kumparan.

Daya Tarik Mercusuar Bangkalan

Berikut beberapa daya tarik Mercusuar Bangkalan.

1. Spot yang Tepat untuk Melihat Sunset

Kamu bisa melihat sunset dari tempat ini. Untuk melihat sunset, kamu bisa berkunjung ke tempat ini saat sore hari. Kalau kamu penggemar fotografi, kamu bisa menangkap foto sunset dengan kamera. Selain sunset, banyak angle yang bisa menjadi objek foto yang menarik.

2. Dekat dengan Pantai Sembilangan

Karena dekat dengan pantai, kamu bisa melihat mercusuar sekaligus keindahan pantai saat berkunjung ke tempat ini.

3. Bebas Biaya Tiket Masuk

Mercusuar Sembilangan merupakan pilihan wisata Bangkalan yang ekonomis. Sebab untuk melihat mercusuar, kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya perlu membayar biaya parkir kalau kamu membawa kendaraan pribadi.

4. Ada Banyak Penjual Makanan

Saat berkunjung ke sini tak usah khawatir akan merasa lapar. Sebab ada banyak penjual makanan dan minuman seperti rujak khas Madura, es teh, dan sebagainya.

Tips Mengunjungi Mercusuar Bangkalan

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti ketika mengunjungi Mercusuar Sembilangan.

  • Jangan lupa membawa tongsis atau kamera sebagai alat dokumentasi.
  • Sebaiknya datang pada sore hari agar dapat menikmati pemandangan sunset.
  • Perhatikan kebersihan lingkungan sekitar. Jangan membuang sampah sembarangan. Buanglah pada tempatnya.
  • Menurut Trip Advisor, kalau bawa kendaraan sendiri, pastikan bensinnya penuh. Sebab, perjalanan dari kota ke lokasi cukup jauh.

Memang tempat ini memiliki beberapa daya tarik. Namun, masih ada hal yang perlu diperhatikan dari tempat ini, yaitu kebersihannya. Tempatnya juga kurang terawat.

Itulah informasi mengenai Mercusuar Bangkalan. Kalau berkunjung ke Bangkalan, jangan lupa mampir ke mercusuar ini.